Batasan Personal dan Profesional yang Wajib Kamu Buat Sekarang

unsplash.com

Boundaries atau batasan merupakan istilah yang merujuk pada pengaturan apa dan yang tak bisa kamu kompromi dalam hidup. Batasan itu tak terlihat, tetapi bisa kita rasakan. Visibiltasnya yang minim ini kadang membuatmu lupa, mengabaikan, bahkan melanggar batasan yang sudah kamu buat sendiri.

Sebenarnya batasan itu masalah personal. Tiap orang punya makna dan poinnya sendiri saat bicara batasan, baik di lingkup kehidupan pribadi atau personal. Namun, ada kok panduan membuat batasan umum sebelum kamu personalisasi jadi lebih spesifik. Apa saja, ya?

1. Batasan personal di ranah pertemanan dan keluarga



unsplash.com

Ini beberapa hal yang sebaiknya kamu jadikan prinsip dan tidak bisa dinegosiasikan lagi.

– Dalam menjalin pertemanan, kamu menjunjung tinggi kejujuran, keterbukaan, dan asas saling menghargai

– Bisa dipercaya dan tidak mengingkari janji

– Menghargai privasi masing-masing dan tidak memaksakan kehendak untuk tahu semua hal tentang temanmu

– Menghargai kebutuhan masing-masing, tetapi tidak over-controlling

Jika kamu menemukan teman yang tidak melakukan hal-hal di atas, kamu berhak kok buat membuka diskusi, menegur, atau mungkin menjauhi mereka.

2. Batasan dalam hubungan asmara



unsplash.com

Sebenarnya tak jauh beda dengan batasan dalam hubungan pertemanan. Kejujuran dan saling menghargai adalah prinsip dan batasan yang nggak bisa dinegosiasikan dalam hubungan antar manusia. Namun, ada beberapa tambahan, nih.

Hubungan asmara meliputi pula interaksi seksual. Dalam hal ini kedua pihak harus mendiskusikan ekspektasi, keinginan, dan kebutuhan masing-masing. Tidak boleh ada paksaan atau kecenderungan manipulasi.

3. Batasan di ranah profesional atau pekerjaan



unsplash.com

Dalam ranah profesional pun kamu wajib membuat batasan sendiri agar tak menjadi korban eksploitasi. Berikut beberapa batasan wajib yang bisa kamu buat saat bekerja.

– Pastikan tempat kerjamu bebas dari seksisme. Seksisme meliputi selisih pendapatan, pelecehan seksual verbal maupun fisik, dan lain sebagainya.

– Semua orang punya hak untuk berkontribusi dan menyatakan pendapat

– Menghargai privasi dan personal space tiap karyawannya

– Menghargai waktu libur karyawan dengan tidak menanyakan perihal pekerjaan di luar jam kantor

Mungkin tidak semudah yang dibayangkan. Namun, kamu bisa mencoba menegur atau menyatakan keberatan saat menemukan beberapa batasan tadi dilanggar misalnya.

4. Cara mengaplikasikan batasan di kehidupan nyata



unsplash.com

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, membuat batasan mungkin mudah, tetapi mengaplikasikannya di kehidupan nyata tak semudah membalik telapak tangan. Berikut beberapa langkah kecil yang bisa kamu lakukan.

– Berani ambil tindakan dan terima risikonya. Tak ada sesuatu yang tak berisiko. Pertimbangkan apa yang bakal terjadi jika kamu membuat batasan-batasan tersebut, tetapi jangan keburu ciut nyali dulu. Utamakan dirimu, jangan bimbang karena khawatir dengan pendapat orang lain.

– Pertimbangkan bentuk nyata batasan dalam hidupmu. Misal kamu tak mau disentuh di bagian tertentu oleh orang lain, jangan ragu untuk mengatakannya secara langsung, mengelak, bahkan menegurnya dengan lantang jika mereka masih memaksa. Kamu yang tak mau diganggu oleh masalah pekerjaan di luar jam kerja juga bisa mengatakan dan tidak membalas pesan tentang masalah kantor sama sekali.

– Lakukan dengan konsisten dan orang pun akan mulai aware dengan batasan yang sudah kamu tentukan tadi.

Semoga tahun ini dan seterusnya kamu lebih berani membuat batasan. Ingat, jangan khawatir dengan pendapat orang lain. Mengutamakan diri sendiri dulu sah saja kok, asal tak merugikan orang lain.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia