Cara mudah tersambung dengan WiFi tanpa password

Google memiliki fitur penting untuk smartphone dengan Android 12, di mana pengguna dapat menyambung ke WiFi tanpa password atau kata sandi.

Pergi ke suatu tempat dengan jaringan WiFi menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda yang agak menghemat kuota atau bahkan tidak memiliki kuota. Tetapi, menanyakan kata sandi WiFi kepada pemilik juga menguji harga diri sebagian orang.

Untungnya, Google memiliki fitur di mana seorang pengguna suatu jaringan WiFi baru bisa tersambung tanpa memasukkan kata sandi. Caranya adalah dengan memindai kode QR pada smartphone yang sudah tersambung di jaringan tersebut.

Dikutip dari Android Central (24/8), terdapat tiga cara untuk membagikan kredensial WiFi di Android 12, yaitu melalui kode QR, cleartext, dan Nearby Share. Kode QR sendiri sudah ada di beberapa smartphone yang menjalankan Android 11. Selama proses tersebut, kredensial WiFi akan ditampilkan dalam cleartext, sehingga Anda bisa mengetahui password WiFi lewat smartphone teman yang sudah tersambung.

Kode QR, cleartext, dan Nearby Share juga terletak pada halaman yang sama. Jadi, hanya ada satu jenis langkah untuk menggunakannya, yakni di bawah ini.

  • Buka pengaturan WiFi pada smartphone yang sudah tersambung
  • Pilih jaringan WiFi yang inginkan
  • Lalu klik menu pengaturan pada WiFi tersebut
  • Di halaman baru, Anda akan melihat informasi dalam cleartext, terkait SSID dan kata sandi WiFi
  • Jika ingin berbagi kode QR atau menggunakan Nearby Share, klik pilihan Share
  • Lalu akan tampil kode QR di tengah layar yang bisa smartphone Anda pindai, beserta tombol Nearby Share di bawahnya

Perlu diketahui, saat Anda ingin memindai kode QR, pastikan sudah membuka pengaturan WiFi yang sama. Setelah itu, pilih Scan dan smartphone akan tersambung dengan WiFi tanpa harus memasukkan kata sandi.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia