CPU AMD Zen 4 bakal punya iGPU RDNA 2

Dalam sebuah bocoran terbaru, semua jajaran CPU AMD Zen 4 akan memiliki IGP berbasis RDNA 2, namun ada yang diaktifkan maupun dinonaktifkan.

AMD sedang mengembangkan jajaran CPU dan APU Desktop Ryzen AM5 AMD generasi berikutnya berdasarkan arsitektur inti Zen 4. CPU ini akan menggunakan grafis RDNA 2 yang lebih bertenaga.

Bocoran ini hadir melalui data yang diambil oleh para peretas dari Gigabyte. Yang menarik, hal ini pun telah dikonfirmasi oleh beberapa pembocor ulung, sehingga kemungkinan bocoran ini benar adanya.

Dokumen yang bocor mencantumkan kompatibilitas fitur CPU Desktop AM5 yang akan datang, yaitu AMD Family 19h. Keluarga prosesor ini akan didasarkan pada arsitektur inti Zen 4 dan sesuai dengan detailnya, menampilkan chip grafis RDNA 2 terintegrasi.

Jajaran keluarga CPU ini akan menyertakan dua jenis chip, satu dengan iGPU yang diaktifkan dan yang lainnya dengan iGPU yang dinonaktifkan. Prosesor tersebut terdaftar untuk OPN tertentu yang tidak membawa dukungan Hybrid GFX, seperti lapor Wccftech (24/8).

Menariknya, semua chip dengan GPU terintegrasi ini disebut sebagai APU dalam dokumen tersebut. Dan seperti diketahui, AMD akan memperkenalkan jajaran APU terbaru yang menggunakan nama Rembrandt.

Platform desktop klien AM5 juga dilengkapi 4x tambahan jalur PCIe Gen 4 yang dapat digunakan untuk memasang slot M.2, slot PCIe x4, atau menggabungkannya langsung ke pengontrol USB4.

Dalam konfigurasi tertentu, jalur x4 PCIe Gen 4 akan memberi daya pada hub USB4 yang memberi daya pada dua port thunderbolt dengan dukungan DP 2.0.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia