Fitur baru Chrome bisa simpan Tab Groups

Google dikabarkan sedang menguji fitur menyimpan Tab Groups pada Chrome untuk dapat ditampilkan kembali setelah perangkat dimatikan.

Google baru saja meluncurkan salah satu fitur yang paling berguna pada Chrome, untuk pengguna produktif yang harus membuka lebih dari satu tab setiap harinya. Ini adalah kemampuan menyimpan Tab Groups pada Chrome untuk dapat digunakan kembali di lain waktu.

Tab Groups di Chrome dapat dibuat menjadi folder. Pengguna juga bisa membedakan tiap Tab dengan memberikannya kode warna, nama, serta mengecilkan dan memperluas Groups sesuai permintaan. Sayangnya, pengaturan ini akan hilang setelah pengguna mematikan PC atau laptop yang digunakan.

Agar memberikan akses yang lebih mudah kepada pengguna, Google Chrome menghadirkan fitur menyimpan Tab Groups dengan mudah. Dikutip dari 9to5Google (24/8), tombol “Save Groups” akan ditambahkan ke menu dropdown pada setiap Group, sehingga memungkinkan pengguna untuk menampilkan beberapa Tab yang sama setelah perangkat dinyalakan kembali.

“Tab Groups Save, memungkinkan pengguna untuk secara eksplisit menyimpan dan mengingat Tab Groups,” kata Google menjelaskan fitur Save Groups.

Sejauh ini, fitur itu masih dalam pengujian dan belum dapat digunakan secara publik. Menurut laporan TechDows, fitur baru terlihat di Chrome Canary dan masih terkunci dibalik flag yang harus diaktifkan. Sayangnya, grup tidak akan disimpan dalam status reguler, melainkan disimpan ke bilah bookmark.

Namun, ketika rilisnya tiba secara global, fitur ini mungkin akan berfungsi di semua versi desktop Chrome, termasuk Windows, Mac, Linux, dan Chrome OS.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia