Realme Smart TV 4K 50, kualitas bagus & pengoperasian mudah

Dari sisi gambar, realme Smart TV 4K 50 hadir dengan Dolby Vision yang mampu meningkatkan kontras yang kecerahan warna pada film.

Televisi pintar (smart TV) terbaru realme yang hadir di Indonesia diberi nama realme Smart TV 4K 50 (RMV2005). Dari namanya, tercermin bahwa ukuran layar TV ini adalah 50 inci serta beresolusi 4K (3.840 x 2.160 piksel). Dengan demikian, layar besarnya menjanjikan detail yang tajam berkat kerapatan piksel yang tinggi.

Sistem operasi dari smart TV ini adalah Android TV sehingga kamu dapat mengunduh berbagai aplikasi di Google Play Store. Tidak ketinggalan pula fitur Dolby Atmos, Dolby Vision, DTS, Chroma Boost, kelengkapan 4 speaker stereo, masih banyak lagi.

Desain dan fitur

Bezel yang terdapat pada pinggiran layar realme Smart TV 4K 50 sangat tipis, sehingga hampir tidak terlihat. Meski demikian, tidak seluruh bezel layar dibuat sangat tipis karena bezel bagian bawah layar terlihat lebih besar daripada yang lainnya. Ini sudah lumrah terjadi pada hampir semua smart TV dengan bezel tipis. Pasalnya, bagian bawah bezel biasanya untuk tempat logo merek atau lampu indikator.

Meski berukuran lebih besar, bezel bagian bawah tidak mengganggu pengalaman menonton secara keseluruhan. Bagian tengah bezel sebelah bawah terdapat sedikit lekukan yang merupakan tempat untuk lampu indikator LED.

Meski ukurannya tergolong besar, tidak sulit untuk memasang TV ini. Berat TV ini hanya 9,2 kg sehingga sangat mudah dikeluarkan dari kemasannya. Terdapat dua pijakan kaki yang hadir bersama realme TV 4K 50. Sangat mudah untuk memasang masing-masing pijakan kaki tersebut, keduanya hanya memerlukan dua baut yang sudah tersedia dalam kemasan.

Pijakan kaki ini termasuk berukuran kecil, meski demikian sangat kokoh dalam menopang bodi TV. Lantaran kedua pijakan kaki realme TV RMV2005 terdapat di ujung masing-masing sudut bagian bawah, maka kamu harus meletakkan di meja yang berukuran cukup panjang. Di sisi lain, kamu juga dapat menggantungnya di dinding dengan syarat membeli bracket opsional.

Empat speaker yang ada di realme Smart TV terdapat di bagian bawah perangkat dan menghadap ke bawah. Keempat speaker tersebut terdiri dari dua speaker full-range dan dua tweeter untuk masing-masing channel kiri dan kanan. Tidak ketinggalan pula dukungan Dolby Atmos dan DTS untuk meningkatkan kualitas suara agar lebih sinematik.

Dari sisi gambar, realme Smart TV 4K 50 hadir dengan Dolby Vision yang mampu meningkatkan kontras yang kecerahan warna pada film. Tidak ada dukungan teknologi HDR10 atau HDR10+. Dengan demikian, fitur HDR akan aktif ketika kamu memutar konten dengan Dolby Vision. Tidak ketinggalan pula fitur perlindungan mata TÜV Rheinland dan peningkat kualitas warna Chroma Boost eksklusif dari realme.

Pada bagian belakangnya terdapat beragam port antarmuka yang mencakup 3 HDMI (HDMI 1 ARC), AV, antena, 2 USB, LAN, dan Optical audio out. Tentu saja ada koneksi nirkabel seperti Wi-Fi (2.4 GHz & 5 GHz) dan Bluetooth 5.0. Selain analog, kamu dapat menikmati siaran TV digital pada smart TV ini.

Pengoperasian

Akses untuk mengoperasikan TV ini menggunakan remote control dengan basis konektivitas Bluetooth. Seluruh tombol pada remote ini berjumlah 17, termasuk tombol navigasi 4 arah serta tombol pintasan ke aplikasi streaming seperti Netflix, YouTube, dan Amazon Prime Video.

Lantaran menggunakan sistem operasi Android, maka smart TV ini juga dibekali dengan Google Assistant agar kamu dapat melakukan perintah suara. Untuk melakukannya kamu dapat menekan tombol Google Assistant di remote dan ucapkan perintah di mikrofon yang terintegrasi di remote.

Tidak berhenti disitu saja, kamu juga dapat langsung melakukan perintah suara pada smart TV ini langsung tanpa remote. Pasalnya, terdapat pula mikrofon yang terintegrasi pada TV. Cukup ucapkan “Oke Google” dan TV siap untuk menerima perintah suara. Selama menggunakannya, mikrofon pada TV cukup responsif menangkap suara meski dari jarak yang jauh.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan perintah suara meski ketika TV dalam keadaan mati. Caranya pun sama, yaitu dengan mengucapkan “Oke Google” yang dilanjut oleh perintah suara. Fungsi ini memungkinkan realme Smart TV 4K 50 untuk terhubung ke perangkat rumah pintar lainnya dan mengakses hanya dari suara.

Terdapat 4 lampu LED yang menyala secara dinamis ketika menjalankan perintah suara tanpa remote (hands-free). Ketika sedang beroperasi, keempat lampu yang berada di bezel bawah tersebut mengingatkan kepada lampu yang ada di Google Nest ketika sedang beroperasi.

Satu lagi pengoperasian yang menjadikannya lebih praktis adalah hadirnya tombol Menu (ikon bergaris tiga) di remote. Ini memungkinkan kamu untuk mengakses pengaturan cepat seperti Picture Mode, Sound Mode, Sleep Timer, Source, dan More. Khusus menu ‘More’, akan mengalihkan pengaturan ke lebih banyak pilihan. Sebagai catatan, ada beberapa Android TV yang mengharuskan kita membuka menu utama dari halaman utama TV, yang mana kurang praktis. Untungnya tidak dengan realme Smart TV 4K 50.

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa terdapat dua format suara yang ada di TV ini, yaitu Dolby dan DTS. Tentu saja kamu tidak dapat mengaktifkan keduanya pada saat yang sama. Ketika mengaktifkan Dolby Audio (atau Dolby Atmos) maka format DTS tidak dapat digunakan, dan sebaliknya.

Ketika mengaktifkan DTS, maka kamu akan dapat mengakses fitur Surround dan TruVolume. Di sisi lain, selain efek surround, pilihan Dolby juga akan memungkinkan kamu memilih preset suara dari Dolby Sound Mode seperti Standard, Music, Sport, dan Movie.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia