Tips Dasar Menata Kamar Anak yang Nyaman dan Aman

brightside.me

Menata dan mendekorasi kamar anak adalah hal yang menyenangkan sekaligus menantang. Kita tak bisa sembarangan memilih funiture maupun mengatur tata letak barang-barang. Ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan agar kamar tak hanya tampak rapi tetapi juga nyaman dan aman bagi anak. Bahkan, kamar anak juga bisa jadi tempat yang untuk mereka melatih imajinasi dan kreativitas. Nah, berikut ini adalah beberapa tips dasar yang penting untuk diketahui oleh orang tua yang berencana untuk membuat atau merenovasi kamar anak. Simak ya!

1. Hindari meletakkan terlalu banyak furniture di dalam kamar anak



pinterest.com

Anak-anak biasanya memiliki banyak barang. Akhirnya tanpa disadari orang tua memilih untuk menempatkan tempat tidur, lemari pakaian meja, kursi, dan banyak kotak mainan di dalam kamar. Hati-hati ya! Jangan lupa untuk menyisakan space kosong yang bisa dipakai untuk bermain. Jika terlalu sesak dengan banyaknya furniture, itu akan mengurangi kenyamanan anak. Biar bagaimanapun mereka tetap butuh tempat yang cukup longgar di dalam kamar sebagai area bermain.

2. Keamanan adalah prioritas utama



pinterest.com

Dalam mendekorasi kadang kita terlalu fokus sama tampilan akhir dan mengabaikan keamanannya bagi anak-anak. Biasanya detail-detail kecil akan tersamarkan dengan penampilan keseluruhan yang sudah tampak nyaman. Contohnya adalah karpet yang tidak terpasang dengan tepat sehingga bisa menyebabkan anak tersandung. Bisa juga gorden yang bisa saja tertarik oleh anak kemudian membahayakan mereka. Usahakan untuk menggunakan kunci pintu dan jendela yang ramah anak agar mereka tidak terluka atau terkunci tanpa sengaja.

3. Hanya ada satu sumber cahaya di kamar



pinterest.com

Sama seperti kamar orang dewasa, pencahayaan juga menjadi faktor penting dalam membuat kamar anak. Sebaiknya memakai beberapa sumber cahaya agar kamar tampak lebih hidup dan terang. Lampu-lampu yang digunakan bisa variatif yang sekaligus dapat dijadikan sebagai bagian dari dekorasi. Cahaya yang baik ini sangat dibutuhkan utamanya di area bermain dan tempat belajar.

4. Pilihlah karpet yang mudah dicuci daripada karpet yang memiliki tampilan menarik



pinterest.com

Dalam memilih karpet untuk kamer, estetika bukanlah pertimbangan nomor satu. Jenis karpet dengan bahan yang aman untuk anak dan mudah dicuci sebaiknya menjadi pertimbangan utama. Jangan lupa untuk memastikan ukurannya agar tak terlalu besar atau terlalu kecil. Setelah itu, barulah memperhatikan warna dan bentuknya. Sekali lagi, barang-barang yang ada di kamar anak tak hanya untuk kebutuhan ‘sedap dipandang’ tetapi harus yang fungsional dan aman.

5. Pilihlah warna netral untuk dinding kamar



pinterest.com

Selera anak-anak bisa berubah dengan sangat cepat. Jadi, direkomendasikan untuk tak terpaku pada satu tema tertentu saja. Agar lebih nyaman dan fleksibel saat seleranya sudah berubah, sebaiknya membiarkan dinding kamar dicat dengan warna netral saja. Jika ingin memberikan aksen warna di kamar bisa diakali dengan pakai warna-warna cerah pada sprei, gorden, atau gambar yang bisa dilepas dan diganti dengan mudah.

6. Usahakan untuk membuat barang anak mudah dijangkau oleh mereka sendiri



pinterest.com

Agar anak lebih senang dan nyaman dalam beraktivitas di dalam kamar, usahakan untuk meletakkan barang-barang mereka di tempat yang mudah dijangkau. Trik ini juga baik untuk melatih kemandirian dan kreativitas mereka lho. Barang-barang yang diprioritaskan adalah mainan dan buku ya. Jika usia anak masih kurang dari 6 tahun, simpan barang-barang itu di tempat yang rendah.

Selain beberapa hal yang sudah dibahas di atas, orang tua juga bisa melibatkan anak dalam mendekorasi kamar. Tujuannya agar mereka memiliki ruangan yang memang sesuai dengan selera dan keinganan mereka. Orang tua juga bisa menambah beberapa mainan atau barang yang menunjang kreativitas anak. Misalnya saja dengan memiliki papan tulis sebagai tempat anak berkreasi dan melatih imajinasi.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia