5 tips untuk memainkan gim 12 Minutes

12 Minutes merupakan gim petualangan misteri dengan gameplay point and click, di mana jalan ceritanya tergantung pilihan dari gamer.

Gim dengan gameplay petualangan berbasis grafis masih bisa ditemukan hingga sekarang. Gim yang sempat populer tahun 90-an ini menawarkan eksplorasi yang pastinya membuat penasaran siapa pun yang memainkannya. Beberapa judul gim seperti The Secret of Monkey Island, Grim Fandango, dan Day of the Tentacle, jadi yang terpopuler saat itu. Namun, penikmatnya kini menurun drastis. Alasannya karena sudah terlalu biasa, juga banyak tren gim baru yang menawarkan pengalaman bermain yang lebih inovatif. Meski begitu, pasti masih ada yang ingin bernostalgia memainkan gim tersebut.

Twelve Minutes, hadir sebagai gim petualangan 2021 yang berusaha menampilkan ide segar dan inovatif. 12 Minutes masih menawarkan petualangan misteri dengan gameplay point and click. Jalan cerita gim ini bergantung pada keputusan pemain. Gim ini menonjolkan pada mekanisme waktu yang berulang-ulang, di mana ada kondisi yang mengharuskan pemain untuk mengamil keputusan yang berujung pada jalan ceita yang berbeda.

Untungnya, gim 12 Minutes tidak memiliki banyak jebakan dan puzzle yang harus menggunakan banyak logika seperti gim-gim klasik dengan genre yang sama. Namun, bukan berarti gim ini tergolong mudah untuk dimainkan. Dilansir dari Gamerant, ada 5 tips yang tidak mengandung spoiler untuk membantu pemain melewati kesulitan ketika bermain gim ini. Simak penjelasannya berikut ini:

Melihat sekeliling di Loop pertama

Pada saat pemain sudah mencapai di pertengahan, Twelve Minutes akan memaksa pemain untuk mengelilingi apartemen. Namun, tugasnya bukan hanya itu. Pemain juga harus melakukan beberapa tugas atau misi untuk memicu beberapa event dan membuka opsi dialog. Oleh karena itu, ada bagusnya kalian memerhatikan sekeliling agar bisa mendapatkan kelanjutan dari misi yang kalian kerjakan.

Jangan buru-buru menyelesaikan gim, carilah sesuatu yang baru

Walaupun berlawanan dengan tujuan dari gim, tapi ini merupakan aturan yang cukup menarik yang ditawarkan gim di sepanjang permainan. Sesuai dengan namanya, Twelve Minutes bukan gim yang bisa diselesaikan secara cepat dan buru-buru. Pemain juga harus menyelesaikan berbagai puzzle agar bisa mencapai akhir permainan.

Daripada mencoba menyelesaikan gim dengan cepat, sebaiknya kalian mencoba untuk memperoleh informasi baru. Ini bisa saja mengundang rasa frustasi karena mengulang di loop yang sama, tetapi pemain bisa mendapatkan kesempatan untuk memperoleh informasi baru dan bisa menghemat upaya dan waktu di perjalanan yang akan datang.

Perhatikan sekitar dengan seksama

Seperti yang diharapkan pada gim dengan genre seperti ini, Twelve Minutes menawarkan porsi dialog dan barang yang cukup sedikit. Hampir semua dialog dan barang yang berinformasi memiliki peran dalam cerita. Tentu saja, ada beberapa dialog dan barang yang tidak akan berdampak pada cerita. Namun, apabila pemain memiliki mindset bahwa semuanya bisa menjadi kunci penting, mereka mungkin bisa mendapatkan petunjuk dan mendapatkan solusi dengan cepat daripada pemain biasa.

Catat informasi yang penting

Sangat berguna apabila pemain bisa mencatat informasi yang dianggap penting dan relevan dengan cerita. Ketika sudah berada di pertengahan gim, pemain akan memiliki beragam informasi-informasi yang diperlukan atau pun yang tidak diperlukan. Oleh karena itu, sangat mustahil untuk mengingat informasi lama karena akan banyak informasi baru yang banyak dan didapatkan oleh pemain secara bersamaan.

Karakter utama memiliki ingatan yang bagus untuk membantu pemain

Twelve Minutes disambut dengan pembuka dari karakter utama bahwa dia sadar lupa dengan kuncinya. Hal ini bisa saja menjadi informasi penting bahwa karakter utama merupakan tipe pelupa. Namun siapa sangka, ternyata karakter utama memiliki ingatan yang sangat bagus. Ini terbukti ketika dia sudah mendapatkan salah satu informasi yang penting, dia akan mengingatnya sepanjang permainan. Oleh karena itu, informasi dengan detil sedikit pun bisa membantu pemain berkat kemampuan karakter utama.

Bagaimana? apakah kalian tertarik untuk mencoba gim berbasis grafis petualangan ini? Coba saja sembari mengisi waktu luang kalian. Gim ini bisa kalian temukan di Steam atau melalui linik berikut Twelve Minutes.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia