Fitur Smart Reply Gmail hadir di Google Docs

Google mengadopsi fitur Smart Reply, yang dapat memberikan saran jawaban terhadap komentar pada Google Documents.

Google baru saja mengumumkan fitur Smart Reply akan hadir di Google Docs atau Documents. Fitur ini dapat menghemat waktu Anda saat membalas komentar. Ditetapkan rilis pada September, fitur ini akan menjangkau seluruh pengguna Workspace, serta pelanggan G Suite, baik akun bisnis maupun akun biasa.

Fitur Smart Reply di Google Documents sendiri merupakan fitur yang lebih dulu hadir di Gmail, sama dengan Smart Compose dan ejaan koreksi otomatis. Ini berarti, Smart Reply di Google Documents akan berfungsi sama dengan yang ada di Gmail. Anda akan disajikan beberapa saran untuk membalas komentar di atasnya.

Lihat gambar di atas, ketika rekan kerja menjawab tentang revisi, pengguna tersebut dapat memilih respon “Sempurna” atau “Terima kasih” untuk membalas komentar rekan kerja, sebagai opsi yang diberikan oleh Smart Reply.

Untuk saat ini, Smart Reply hanya dapat memberikan saran untuk komentar berbahasa Inggris. Google mengatakan, fitur ini didukung oleh pembelajaran mesin, yang dapat menganalisis hal-hal yang mungkin akan diketik manusia. Perusahaan mengatakan akan berkomitmen untuk secara aktif meneliti bias kognitif yang mungkin ditimbulkan dan strategi mitigasi yang tidak diinginkan.

Mengutip laporan dari Digital Trends (26/8), Smart Reply akan tersedia untuk seluruh pengguna Google Workspace dan pelanggan G Suite. Fitur ini akan diluncurkan secara otomatis dan akan diaktifkan secara default. Anda dapat memeriksa apakah fitur ini sudah ada, dengan masuk ke bagian “Tools”, pilih “Preference”, lalu klik “Show Smart Reply suggestions.”

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia