Panasonic rilis SC-GN01, speaker gaming wearable surround

SC-GN01 juga dilengkapi dengan mode Cinema. Ini berguna bagi mereka yang lebih menyukai menonton film ketimbang bermain gim.

Panasonic baru saja meluncurkan speaker gaming wearable pertama mereka. Diberi nama SC-GN01, speaker gaming ini dirancang untuk dikenakan di leher dan diklaim memberikan suara surround yang realistis dari 4 speaker full-range di dalamnya.

Seperti soundbar gaming HTB01 dari Panasonic yang diumumkan pada bulan Januari, speaker wearable terbaru dirancang bekerja sama dengan Square Enix yang berbasis di Tokyo, pencipta waralaba gim Final Fantasy.

Dilansir dari What Hifi (26/8), kolaborasi tersebut memungkinkan gamer memiliki 3 mode audio khusus gim. Mode First-Person Shooter menyediakan lokasi audio yang akurat, sehingga pengguna dapat mendengar musuh berjalan mendekat. Mode Voice akan meningkatkan dialog. Mode Role-Playing Game dioptimalkan untuk memainkan Final Fantasy XIV online.

SC-GN01 juga dilengkapi dengan mode Cinema. Ini berguna bagi mereka yang lebih menyukai menonton film ketimbang bermain gim. Tidak ketinggalan pula mode Music dan Stereo agar lebih banyak tawaran preset suara. Speaker dari Panasonic ini mengisi daya melalui port USB-C, tetapi belum diketahui berapa lama daya tahan baterainya dari keadaan penuh.

Perusahaan asal Jepang tersebut mengklaim bahwa SC-GN01 cukup nyaman untuk dikenakan di leher dalam jangka waktu yang lama. Karena ini bukan headphone yang menutupi telinga, maka tidak ada sensasi rasa panas di telinga seperti kebanyakan headset gaming.

Terdapat pula mikrofon ganda peredam bising dan gema. Oleh karena itu, headphone ini menjanjikan obrolan yang jelas dengan teman-teman secara online. Pembicaraan di dalam gim juga akan terdengar jelas meski keempat speaker surround-nya sedang aktif.

Speaker gaming wearable dari Panasonic tersebut bukanlah hal yang baru. Pasalnya, Sony juga pernah meluncurkan speaker leher serupa beberapa tahun yang lalu. Sony SRS-WS1 menawarkan suara dan getaran untuk menjadikan pengguna berada di dalam gim, film, atau konser yang mereka tonton di TV.

Panasonic SC-GN01 diinformasikan kompatibel dengan PC, PS4, PS5, Xbox Series X/S, Xbox One, dan Nintendo Switch. Harga yang ditawarkan untuk speaker leher ini adalah GBP160 (Rp3,2 juta).

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia