Robot Wars, gim PvP multiplayer pakai Mech

Gim multiplayer Player versus Player (PvP) yang belum lama ini dirilis Plarium, menawarkan gameplay pertarungan dengan menggunakan mech.

Mech Arena: Robot Showdown (MARS) merupakan gim multiplayer Player versus Player (PvP) yang belum lama ini dirilis Plarium. Gim ini menawarkan gameplay pertarungan dengan menggunakan mech yang dikontrol oleh pemain. Gim ini menyajikan grafik 3D dan dimainkan multiplayer 5 vs 5 dalam durasi lima menit per sesinya. Plarium Global Ltd selaku developer dari MARS mengangkat konsep yang berbeda dari MARS dengan gim yang bertemakan mech lainnya. MARS lebih menekankan pada strategi daripada sekadar berperang saja.

Untuk memainkan MARS, kalian bisa mengunduh melalui App Store di iOS dan Google Play Store di Android. Ukuran gim ini juga tidak terlampau besar, file awal hanya sebesar 232,8 MB saja, dengan total file menjadi 435,2 MB ketika gimnya sudah dimainkan. Bagi saya, gim ini masih bisa dimainkan oleh berbagai macam perangkat mengingat ukurannya yang tidak terlampau besar. Sehingga tidak memakan banyak kapasitas di perangkat kalian, mengingat ukuran gim sekarang rata-rata berukuran 1 GB bahkan lebih.

Ketika mulai bermain, kalian akan dituntun melalui tutorial. Kalian akan dipandu terkait seperti apa gameplay dari gim ini, bagaimana cara menggerakan Mech, menembak, mengisi ulang senjata, menggunakan abiliity dari Mech, menaikkan level dari Mech serta senjatanya. Seiring waktu berjalan, kalian bisa memiliki 5 mech yang bisa dibawa untuk berperang.

Sebelum membawa Mech ke medan perang, kalian harus melakukan persiapan terlebih dahulu. Seperti melakukan upgrade pada Mech agar menjadi lebih kuat dengan menggunakan resource yang didapatkan dari setiap pertarungan yang kalian lakukan. Kalian juga bisa mendapatkan berbagai bonus dengan daily dan weekly quest.

Kalian bisa melihat status Mech dengan mengetuk Mech tersebut. Di sini kalian dapat melihat informasi dari Mech, seperti Energy Consumption, Power Rating, ability yang dimiliki Mech, HP dan Speed, serta dua senjata yang dipakai oleh Mech.

Bila ingin meng-upgrade Mech, kalian memerlukan Blueprints dan Credits. Begitu juga dengan meng-upgrade senjata. Blueprints den Credits bisa didapatkan dari Match yang kalian lakukan. Apabila Blueprints dan Credits tidak tercukupi, maka kalian bisa membeli sisa Blueprints dan Credits yang dibutuhkan dengan menggunakan A-Coins. Semakin banyak yang dibutuhkan, maka A-Coins yang dibutuhkan juga semakin banyak. Saya memilih untuk tidak memakai A-Coins untuk ini, karena Blueprints dan Credits bisa didapatkan dengan cara lain seperti membuka Silver Crate dan Gold Crate.

MARS memiliki 4 tipe Mech yang berbeda. Di mana tiap Mech memiliki keunikan dan gaya bermain yang berbeda-beda, hal ini karena spesifikasi serta kemamuan setiap Mech berbeda satu sama lainnya :

Attacker

Mech pertama bertipe Attacker atau penyerang. Mech tipe ini merupakan tipe ofensif dan ideal dipakai untuk menyerang musuh di berbagai arena, berkat dukungan ability serta spesifikasi yang cukup seimbang. Mech tipe attacker memiliki kecepatan bergerak yang tidak terlalu cepat, darahnya juga lumayan besar. Namun, tidak sebesar Mech Tank, dan kecepatannya tidak secepat Mech bertipa Scout. Keunggulan dari Mech tipe ini memiliki Energy Consumption yang cukup besar. Jadi bisa membawa jenis senjata yang cukup beragam.

Tank

Sesuai namanya, Mech tipe Tank memiliki HP paling besar di antara Mech lainnya. Namun, di balik Hp-nya yang besar, Mech tipe Tank memiliki kecepatan paling rendah. Biasanya, Mech tipe Tank menjadi perisai bagi Mech lain, posisinya juga seringkali berada di paling depan. Keunggulan Mech tipe Tank selain HP yang besar, Energy Consumption-nya juga cukup besar. Ini membuat Mech tipe Tank bisa memberikan damage yang besar bagi Mech lawan.

Scout

Mech tipe Scout diciptakan untuk memantau pergerakan musuh, ketimbang untuk berperang. Hal ini berkat kecepatan yang dimilikinya paling tinggi di antara Mech lainnya. Ini membuatnya mudah untuk bermanuver dan gesit. Ukurannya juga cukup ramping, sehingga menyulitkan untuk ditembak. Mech tipe Scout juga andal dipakai untuk meng-capture Control Points. Beberapa pemain justru memakai Mech tipe Scout sebagai mesin pembunuh jika dipakai cukup terampil.

Support

Mech tipe Support memiliki ability untuk membantu timnya dari belakang. Mech ini dibekali dengan ability untuk memperbaiki kerusakan yang diterima oleh Mech dalam tim kalian. Tugasnya cukup penting dalam menjaga Mech lain. Biasanya, Mech tipe Support menempel pada satu atau dua Mech yang memiliki peran paling dominan dalam tim.

Dari semua Mech yang sudah saya coba, saya lebih senang menggunakan Mech bertipe Attacker. Hal ini karena serangannya yang kuat dan bisa menghancurkan Mech musuh dengan mudah. Saya tidak terbiasa menggunakan Scout karena tugasnya yang lebih ke arah meng-capture Control Points dan tidak bisa menyerang dengan kuat seperti Attacker, apalagi Tank yang harus siap melindungi timnya dan harus memerhatikan rekan dan musuh. Attacker hanya fokus pada musuh saja sehingga tidak perlu memerhatikan rekan dalam satu tim. Sementara itu, saya belum bisa mencoba Mech Support karena harus dibuka dengan XP yang cukup tinggi, artinya kalian harus sering melakukan battle untuk mendapatkan XP.

Tidak hanya mech, tetapi kalian juga haru memilih senjata yang tepat untuk Mech kalian. Senjata yang kalian pilih juga bisa di-upgrade agar bisa menjadi lebih kuat. Untuk menaikkan level senjata juga memerlukan Blueprints dan Credits. Perlu diingat Blueprints weapon tidak sama dengan Blueprints Mech. Senjata baru bisa dibeli dengan menggunakan Credits, tetapi perlu diperhatikan Energy Consumptionnya. Apabila melewati batas, maka senjatanya tidak bisa dipakai dan kalian harus menaikkan level Mech terlebih dahulu agar Energy Consumption juga bisa bertambah.

Ada empat tipe senjata dalam MARS, di mana masing-masing senjata memiliki karakteristik yang berbeda, antara lain:

Assault

Senjata ini meluncurkan peluru atau energy burst tergantung dari senjatanya yang dapat memberikan damage secara terus menerus. Biasanya senjata tipe ini memliki kapasitas peluru yang lumayan besar, namun damagenya cukup kecil. Waktu reload senjata tipe Assult juga relatif cukup singkat. Senjata jenis ini ideal dipakai di beberapa tipe Mech.

Missile

Senjata ini meluncurkan misil yang akan terbang ke arah musuh secara langsung dan memberikan damage Area of Effect (AOE) dari target utamanya. Damage yang diberikan oleh senjata tipe ini cukup besar, namun bisa dihindari karena arah tembakannya yang bisa ditebak. Hampir semua tipe Mech bisa menggunakannnya dengan pilihan opsi Energy Consumption yang cukup beragam.

Beam

Senjata jenis Beam menembakkan laser ke arah musuh dan memberikan damage ke musuh secara konstan. Namun harus diperhatikan jarak memengaruhi damage yang diberikan, semakin dekat damage yang diberikan akan meningkat. Senjata jenis Beam ini juga memiliki efek Overheat, di mana efek ini akan meningkatkan damage yang diterima oleh Mech lawan. Senjata tipe ini ideal dipakai oleh Mech tipe Tank atau Attacker.

Close Quarters

Jika kalian bermain gim FPS, senjata tipe Close Quarters pada gim MARS adalah shotgun. Senjata ini memiliki basis damage yang besar, namun jarak serangnya sangat pendek. Senjata ini cocok untuk melumpuhkan Mech bertipe Scout yang lincah karena bentuk seranganya seperti corong. Perlu diperhatikan, senjata ini memiliki jeda untuk menembakan peluru selanjutnya.

Sniper

Senjata jarak jauh yang didesain untuk menghancurkan Mech dengan mudah. Senjata ini memiliki damage cukup besar dalam gim. Namun, membutuhkan waktu untuk bisa menggunakannya. Selain unggul dalam urusan jarak tembak dan damage, senjata ini memiliki waktu reload yang sangat lama.

Guided

Senjata ini memiliki dukungan auto-aim atau mengunci otomatis Mech musuh yang sudah masuk ke dalam jarak tembaknya. Jika tepat, satu kali serangan bisa merobohkan Mech lawan dengan mudah. Namun, arah tembakannya melambung. Kalian harus memerhatikan objek-objek penghalang dalam jalur lintasan roketnya. Karena bisa saja roket yang kalian luncurkan tidak menghujam Mech lawan, melainkan menabrak bangunan atau objek lain.

Artillery

Senjata dengan damage terbesar ini memang cukup mematikan. Namun, waktu tembaknya yang lama bisa jadi kelemahannya. Senjata ini memiliki cakupan area damage yang cukup luas. Senjata ini sering dipakai Mech yang suka bertahan di garis belakang ketimbang maju ke depan.

Dari semua senjata yang sudah saya coba, saya lebih menyukai menggunakan senjata Assault terutama pada Attacker. Saya menyukai senjata yang dapat menghasilkan tembakan seperti machine gun dan ammo yang disediakan juga banyak dibandingkan Missile, meskipun damage yang dihasilkan Missile lebih besar. Sebenarnya saya juga menyukai Beam juga karena ammo-nya dapat bertambah secara otomatis, tetapi damage yang dihasilkan tidak begitu besar dan musuh bisa mengetahui arah dari laser tersebut karena tembakannya yang terang dan jelas.

Dalam menu battle, kalian bisa memilih mode permainan yang ingin dimainkan. Namun, mode Tournament dan Team Match hanya tersedia di Division 9, di mana kalian harus menaikkan Ranking Point terlebih dahulu. Custom Match juga memerlukan 12800 XP sehingga Quick Match hanya salah satu opsi. Saya juga sadar MARS tidak memberikan mode Trial yang menurut saya itu salah satu mode yang penting untuk mencoba mech serta kombinasi senjata.

Ketika sudah masuk ke map, kalian akan diminta memilih Mech yang akan dipakai untuk melawan tim musuh. Apabila Mech pertama yang kalian pilih sudah hancur, kalian bisa menggunakan Mech yang tersisa. Kalian juga bisa mengganti Mech dengan menekan tombol di kiri atas kemudian pilih Change Mech. Namun, mech yang kalian sudah pakai tidak akan bisa dipakai lagi.

Kalian akan melihat tampilan seperti ini ketika sudah memasuki mode battle. Ada beberapa tampilan yang bisa kalian pilih sesuai dengan preferensi kalian di menu pengaturan. Kalian juga bisa mengkustom posisi dan ukuran tombol-tombol. Saya pilih tampilan seperti ini karena cukup simpel. Bagian kanan bawah yang berbentuk lingkaran berfungsi menembak dengan dua senjata sekaligus. Sedangkan tombol di kirinya menembak dengan salah satu senjata, kanan paling bawah untuk melakukan komunikasi dengan sesama tim yang terdiri dari 4 emotions, dan kanan tengah untuk menggunakan kemampuan dari mech. Sedangkan tombol di sebelah kiri berfungsi untuk menggerakan Mech.

Dalam map, kalian juga bisa melihat Control Point yang harus diduduki. Makin banyak pemain yang berada di lingkaran, maka semakin cepat waktu untuk menduudukinya. Semakin banyak Contol Points yang dikuasai, maka semakin besr juga poin yang akan kalian dapatkan. Control Point juga berfungsi sebagai titik di mana Mech kalain akan muncul lagi, apabila kalian menukar Mech, atau respawn. Warna biru merupakan Control Point tim kalian, sedangkan warna merah merupakan Control Point musuh. Kalian bisa mengambil alih Control Point musuh, begitu juga sebaliknya.

Battle selesai apabila semua mech musuh sudah hancur atau salah satu tim sudah mendapatkan poin 100. Kalian akan mendapatkan award dari hasil battle seperti melakukan kill streak, menjadi pemain yang mengaktifkan Control Point terbanyak, dan lain-lain. Semakin banyak award yang kalian peroleh, maka semakin besar juga reward yang didapatkan. kalian akan mendapatkan Combat Points dari Quick Match dan Victory Points serta Ranking Points bila memenangkan battle.

Kelebihan :

  • Gim ini memiliki ukuran yang tidak begitu besar
  • Gampang dimainkan karena tidak terlalu banyak mekanisme dalam gim
  • Bisa dimainkan secara multiplayer

Kekurangan :

  • Bila kalian menyukai gim yang lebih kompleks, gim ini terkesan kurang karena dalam battle tidak banyak interaksi yang bisa dilakukan seperti gim PvP lainnya
  • Harus dimainkan beberapa lama agar bisa menggunakan role dan senjata
  • Tidak menawarkan Trial Mech atau senjata

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia