YouTube akan gratiskan fitur picture-in-picture di iOS

Fitur picture-in-picture memungkinkan orang memutar konten video YouTube sambil membuka aplikasi lain.

YouTube akan menghadirkan fitur Picture-in-Picture (PiP) bagi seluruh pengguna melalui perangkat iOS, Fitur ini sebelumnya hanya tersedia bagi akun Premium yang harus membayar biaya langganan dan memungkinkan pengguna memutar video YouTube dalam kotak kecil sambil membuka aplikasi lain.

Pada Juni lalu, perusahaan meluncurkan dukungan PiP untuk pelanggan Premium di AS yang mengakses platform menggunakan perangkat iOS. Saat itu, perusahaan juga berjanji akan membawa dukungan ini gratis untuk seluruh pengguna dan kini hari itu pun tiba.

Fitur itu juga sudah terdaftar dalam situs YouTube’s Experimental Feature. Di sana, fitur PiP terdaftar sebagai salah satu kemampuan yang dapat diakses oleh pengguna YouTube. Sementara opsi eksperimental memungkinkan pengguna gratis mengakses dan menguji fitur ini sebelum dirilis ke publik.

Menurut YouTube, fitur ini dapat digunakan dengan cara yang sama seperti di Android: saat menonton video YouTube, geser ke atas atau tekan tombol beranda untuk beralih ke aplikasi lain. Video secara otomatis akan menyusut ke jendela kecil di sudut layar, memungkinkan pengguna untuk terus menonton konten sambil mengirim pesan, bermain gim, atau aktivitas lainnya yang mendukung.

Dilansir dari Slashgear (27/8), pengguna Premium dapat menggunakan fitur PiP hingga 31 Oktober. Setelah itu, fitur akan diluncurkan secara luas untuk seluruh pengguna di perangkat iOS. Meski demikian, YouTube belum mengonfirmasikan kapan tepatnya pengguna gratis dapat menggunakannya.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia