5 kelebihan PC dari laptop gaming

Pada kesempatan kali ini, tim Tek.id akan membahas mengenai 5 kelebihan dan kekurangan saat memilih PC dan laptop gaming.

Saat ini, harga komponen untuk PC memang sedang mengalami peningkatan harga yang cukup signifikan. Hal ini dikarenakan kelangkaan chipset yang terjadi selama masa pandemi yang telah berlangsung lebih dari 1 tahun.

Oleh karena itu, para gamer pun mulai melirik untuk beralih dari PC ke laptop gaming untuk dapat bermain gim. Tapi, sebenarnya apa saja sih keuntungan dan kerugian ketika memilih PC gaming dibanding laptop?

Nah pada kesempatan kali ini, tim Tek.id akan membahas 5 keuntungan dan kerugian dalam menentukan merakit PC atau membeli laptop yang telah kami rangkum dari berbagai sumber. Nah, kalau penasaran, pastikan kalian simak artikel ini sampai habis!

Performa

Seperti diketahui, selama beberapa tahun belakangan ini performa dari komponen PC dan laptop kian mengecil. Tapi, untuk saat ini, hal ini baru berlaku untuk CPU saja, namun saat berbicara mengenai performa GPU, memang masih terdapat perbedaan yang cukup besar.

Dalam beberapa pengujian yang dilakukan oleh berbagai pihak, saat ini perbedaan performa CPU desktop dan CPU laptop sangat kecil. Bahkan, di beberapa benchmark yang fokus di CPU, perbedaan performanya sangat tipis.

Tapi, di sisi GPU, kita masih melihat adanya gap yang cukup besar antara GPU desktop dan GPU laptop. Hal ini wajar, mengingat di laptop para insinyur masih mempertimbangkan penggunaan laptop tanpa dihubungkan langsung ke sumber listrik.

Meskipun saat ini laptop gaming generasi terbaru sudah cukup pintar dalam mengganti antara IGP dan GPU diskrit untuk menghemat baterai. Tapi tetap saja, memasukkan GPU yang benar-benar setara desktop masih belum dapat dilakukan dengan bebas oleh para vendor.

Portabilitas

Nah, ada satu hal yang sering kali diperdebatkan oleh para gamer PC dan laptop, yakni masalah portabilitas. Seperti diketahui, laptop memiliki keunggulan dari segi portabilitas jika dibandingkan dengan PC.

Meskipun saat ini sudah banyak modder yang berhasil membuat sebuah PC menjadi portable, namun masalah keringkasan dan masalah daya tahan masih lebih baik laptop. Hal ini dikarenakan dalam membuat laptop, semua hal sudah diperhitungkan dengan baik.

Selain itu, masalah ukuran, laptop masih jauh lebih ringkas jika dibandingkan dengan PC rakitan yang ada di pasar. Apa lagi, laptop bisa dilipat dan dapat diletakkan dengan menggunakan ruang yang lebih kecil.

Upgrade dan reparasi

Seperti diketahui, salah satu keunggulan dari PC adalah kemudahan untuk upgrade yang sangat baik. Hal ini dikarenakan semua komponen yang ada di PC rakitan dapat dengan mudah dicopot dan dipasang sendiri.

Di sisi lain, saat kita ingin melakukan upgrade di laptop, memang kita bisa melakukannya sendiri. Tapi, ada banyak hal yang harus diperhatikan saat ingin melakukan upgrade di laptop, terutama masalah compatibility RAM.

Hal ini sering terjadi pada para gamer, saat mereka ingin melakukan upgrade RAM, terkadang laptop mereka malah tidak bisa menyala karena ada perbedaan spesifikasi RAM. Alhasil, langkah terbaik untuk melakukan upgrade adalah di service center vendor laptop kita.

Begitu juga saat ada kerusakan, dimana saat menggunakan PC kita dapat melakukan diagnosa dengan cepat. Sedangkan untuk laptop, pengguna harus membawanya ke service center untuk melakukan diagnosa dan reparasi.

Keterbatasan port dan aksesoris

Satu hal lagi yang dipertimbangkan oleh para gamer PC dan laptop adalah masalah aksesoris. Memang, laptop memiliki beberapa keunggulan, seperti sudah hadirnya kamera web yang tertanam, sedangkan PC harus membeli kamera tambahan.

Tak ketinggalan, para gamer yang menggunakan laptop juga sudah mendapatkan keyboard dalam paket penjualan. Tapi, para gamer PC dapat memilih peripheral dan aksesoris apapun yang mereka inginkan.

Namun, yang menjadi perhatian gamer adalah masalah keterbatasan port dan aksesoris yang dapat dipakai di sebuah laptop. Memang, kita dapat menggunakan dongle untuk memasang berbagai aksesoris di laptop.

Sedangkan di PC, para gamer biasanya mendapatkan port yang sudah cukup banyak, baik di motherboard maupun di casing PC mereka. Jadi, tidak ada lagi masalah keterbatasan port untuk menghubungkan ke berbagai aksesoris.

Harga

Terakhir adalah masalah harga. Jika kalian memiliki budget yang terbatas, laptop memang menjadi pilihan terbaik. Hal ini dikarenakan sebuah laptop biasanya sudah memiliki berbagai hal yang dibutuhkan oleh para gamer.

Dalam paket penjualan, para gamer sudah mendapatkan keyboard bawaan serta layar. Yang harus dilakukan oleh para gamer adalah membeli mouse yang sesuai keinginan mereka, sehingga harga pembelian sebuah laptop bisa jauh lebih murah.

Sedangkan untuk PC, karena komponen yang dibutuhkan biasanya dijual terpisah, maka harga yang dibutuhkan pun bervariasi tergantung performa dari perangkat itu sendiri. Memang, kita bisa merakit sebuah PC seharga laptop, namun biasanya spesifikasi yang didapatkan kurang memuaskan.

Dan sebagai perspektif, sebuah laptop gaming di kisaran Rp15 juta sudah dapat memainkan gim eSport dengan sangat baik dan dapat memainkan gim AAA dengan nyaman di layar yang memiliki refresh rate 144hz.

Sementara untuk mendapatkan pengalaman yang sama di PC, kita bisa mengeluarkan uang di kisaran Rp17 juta jika ingin memainkan gim eSport yang sangat baik dan gim AAA dengan nyaman di layar yang memiliki refresh rate 144Hz.

Nah itu dia beberapa poin kelebihan dan kekurangan ketika kalian mempertimbangkan untuk membeli PC atau laptop. So, bagaimana? Apakah kalian tetap ingin merakit PC atau membeli laptop gaming saja?

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia