VivoBook baru ASUS pakai Intel Alder Lake-P

Dalam sebuah bocoran terbaru, diketahui ASUS mempersiapkan laptop VivoBook terbaru yang gunakan CPU baru Intel, yakni Alder Lake-P.

ASUS dikabarkan sedang mempersiapkan kehadiran beberapa laptop VivoBook terbaru mereka. Mereka pun sudah mempersiapkan setidaknya beberapa laptop yang akan menggunakan prosesor baru dari Intel, yakni Alder Lake-P.

Dalam sebuah bocoran terbaru, ASUS dikabarkan mempersiapkan setidaknya tiga varian VivoBook baru dengan prosesor tersebut. Dan ternyata, hasil benchmark salah satu laptop tersebut telah mencuat di internet.

Wccftech (29/8) melaporkan bahwa salah satu laptop baru ASUS tersebut, VivoBook X1603ZA akan hadir dengan CPU 8 core & 12 thread. CPU tersebut kemungkinan didasarkan pada 4 Golden Cove (8 thread) dan 4 core Gracemont (4 thread).

Namun, dalam bocoran tersebut disebutkan bahwa laptop ini baru akan menggunakan CPU purwarupa. Hal ini dikarenakan kecepatan clock dari CPU tersebut dilaporkan hadir dengan clock dasar 1 GHz dan kecepatan boost rata-rata hingga 2,6 GHz.

Tapi, hasil benchmark dari laptop ini cukup memuaskan. Bahkan jika dibandingkan dengan laptop yang menggunakan CPU Core i7-1185G7, dalam benchmark CPU yang sama, hasilnya pun bisa dibilang cukup setara.

CPU Intel Alder Lake-P yang ada di laptop ini berhasil mencetak 153 poin dalam pengujian inti tunggal dan 739 poin dalam pengujian multi-core Di sisi lain Core i7-1185G7 yang berbasis di Tiger Lake mencetak 159 poin dalam pengujian inti tunggal dan 582 poin dalam pengujian multi-core.

Perlu diperhatikan, spesifikasi yang digunakan perusahaan asal Taiwan tersebut untuk laptop mereka menggunakan RAM dual-channel DDR4-3200 16 GB. Mereka juga menggunakan SSD Micron NVMe Gen 4 1 TB, dan grafis Intel UHD yang akan menampilkan hingga 96 Xe Execution Units.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia