Cara atur rasio aplikasi di layar Galaxy Z Fold3

Galaxy Z Fold memiliki rasio layar yang hampir seperti tablet, beberapa aplikasi harus menyesuaikan rasio tersebut jika ingin nyaman dipandang.

Masa pre-order Samsung Galaxy Z Fold3 sudah berakhir pada 29 Agustus, dan Anda semakin dekat dengan smartphone impian yang sudah dipesan. Sebelum benar-benar menggunakan smartphone lipat ini, setidaknya Anda harus mengetahui layarnya yang besar akan memberikan tampilan rasio yang berbeda untuk beberapa aplikasi.

Galaxy Z Fold3 dalam keadaan layar terbuka memiliki rasio yang sama dengan layar tablet. Hal ini memungkinkan beberapa aplikasi Android dengan rasio default layar smartphone menjadi tidak nyaman dipandang. Untungnya, Samsung memberikan cara yang mudah untuk mengatur rasio dari tiap aplikasi, termasuk Instagram.

Dilansir dari Android Central (30/8), navigasi ini dapat Anda lakukan lewat fitur Samsung Labs. Anda bisa mengatur tampilan setiap aplikasi yang memiliki rasio berbeda dengan layar Galaxy Z Fold3. Berikut cara melakukannya:

  1. Buka pengaturan dan gulir ke bawah ke menu Advanced features
  2. Pilih dan klik opsi Labs
  3. Dalam pengaturan Labs, klik Customize app aspect ratios
  4. Lalu, akan tampil daftar aplikasi dan pilih yang rasionya ingin diatur
  5. Terdapat tiga pilihan rasio, klik opsi Full screen
  6. Rasio aplikasi akan secara otomatis berubah menjadi full screen

Perlu diketahui, aplikasi apapun yang tidak memiliki rasio yang tepat mempunyai keterangan berbeda di bawah nama aplikasi yang ada di langkah ke-4. Dalam kasus Instagram, terdapat keterangan App default (16:9). Ini memudahkan Anda untuk mengetahui aplikasi apa saja yang memiliki rasio tidak sama dengan layar.

Di samping itu, tidak semua aplikasi dapat bekerja dengan maksimal ketika rasionya diubah ke full screen. Meskipun setiap aplikasi Android dirancang agar memungkinkan untuk menskalakan secara dinamis, namun beberapa elemen dalam layar dapat membuat tombol tertentu dalam aplikasi tidak berfungsi. Misalnya, elemen UI mungkin terpotong.

Jika Anda mengalami masalah seperti ini, pastikan untuk mengatur ulang rasio ke App default agar mendapatkan kompatibilitas yang lebih baik. Meskipun tampak aneh karena rasionya berbeda, tapi ini lebih baik daripada aplikasi tidak bekerja dengan maksimal.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia