Pasar PC menguat, Dell berjaya kalahkan HP

Meski berada di posisi ketiga, Dell dapat meningkatkan pengiriman PC mereka di kuartal kedua 2021. Sedangkan HP dan Lenovo harus puas dengan penurunan pengiriman PC.

Beberapa hari lalu, IDC mengungkapkan pangsa pasar PC dalam beberapa waktu ke depan akan meningkat. Bahkan, pada kuartal kedua 2021, jumlah pengiriman PC meningkat 13,2 persen YoY dengan total 83.614 juta perangkat berhasil dikirimkan.

Tapi, ini bukan berarti semua vendor mengalami peningkatan pengiriman. Dalam pernyataan terpisah, Dell mengungkapkan mereka mengalami peningkatan pengiriman, sedangkan HP mengalami penurunan.

Dirangkum dari laman Tom’s Hardware (30/8), Dell dalam laporan IDC saat ini berada di urutan ketiga dalam pangsa pasar PC secara umum. Mereka memiliki total pangsa pasar 16,7 persen dengan peningkatan pengiriman 1,03 juta jika dibandingkan kuartal pertama 2021.

Ini berarti, di kuartal kedua 2021 ini, Dell memiliki jumlah total pengiriman PC sebanyak 13,976 juta. Tentu saja, jumlah ini bukan jumlah yang sedikit mengingat kelangkaan chipset yang terjadi.

“Permintaan industri untuk semikonduktor terus kuat. Itulah area yang tentunya menjadi tantangan bagi kami. Eksekusi tim rantai pasokan kami cukup mengesankan dengan rekor pengiriman untuk kuartal ini untuk PC, rekor pengiriman untuk display,” kata co-COO Dell, Jeffrey W. Clarke.

Dell berkata, dengan peningkatan pengiriman ini, bukan berarti mereka tidak memiliki masalah. Perusahaan asal Amerika tersebut mengatakan masalah terbesar mereka saat ini adalah mendapatkan cukup banyak komponen kecil yang digunakan tidak hanya di PC, tetapi di puluhan juta perangkat lain.

“Tetapi jenis perangkat (suplai pendek) seperti scaler, TCON, mikrokontroler, IC daya, IC driver (sangat langka),” kata Clarke. “Jenis perangkat itu adalah perangkat yang kami lihat secara konsisten ditantang pada waktu yang berbeda.”

Dell juga mengakui bahwa meskipun memperoleh pangsa pasar yang besar dan dapat meningkatkan pengiriman pada kuartal kedua, perusahaan masih belum dapat memenuhi semua pesanannya dan backlog-nya bertambah.

“Pertumbuhan didorong oleh backlog yang diperluas mengingat permintaan lebih tinggi dari pasokan di samping kinerja yang solid dalam pemeliharaan perangkat keras dan perangkat lunak,” kata CFO Dell, Thomas W. Sweet.

HP sendiri saat ini ada di posisi kedua dengan pangsa pasar 23,9 persen. Namun perusahaan memiliki cerita yang lebih menarik dalam hal pengiriman PC di kuartal kedua 2021.

IDC melaporkan bahwa HP mengalami penurunan pengiriman yang cukup besar di kuartal ini. Mereka mengalami penurunan pengiriman PC cukup drastis, yakni 643 ribu unit jika dibandingkan dengan kuartal pertama 2021. Hal ini membuat HP mencatat total pengiriman PC sebesar 18,594 juta perangkat di 2021. Menariknya, CEO HP sempat mengaku dalam sebuah wawancara terbaru, mereka dapat mengamankan CPU dari AMD dan Intel.

“Kami terus mengirimkan produk sebanyak yang kami bisa sambil menavigasi lingkungan operasional yang kompleks,” ujar Lores. “Ketika saya mengatakan backlog mendekati seperempat penuh, ini memberi Anda besarnya pesanan yang belum dapat kami penuhi.”

Hal ini wajar, mengingat HP menggunakan skema produksi PC ke ODM. Dan meskipun telah secara agresif mengamankan komponen untuk perangkat mereka, hal itu tidak terlalu membantu untuk mempertahankan pengiriman di Q1. Selain itu, HP menghadapi gangguan lain seperti penguncian pabrik dan masalah logistik.

“Di sisi PC, kami jelas memiliki beberapa area di mana kami perlu meningkatkan operasional untuk dapat mengoptimalkan kinerja kami mengingat delta antara penawaran dan permintaan,” kata Lores.

Dia juga mengatakan perusahaannya memiliki tiga metode untuk mendapatkan lebih banyak komponen dan menyeimbangkan pasokan dan permintaan. “(Pertama), sebagian besar produksi kami dikelola oleh ODM, ini berarti bahwa ODM tersebut mengelola hubungan dengan penyedia komponen yang kami lewatkan.”

“Kami telah berpikir bahwa sekarang menandatangani hubungan langsung dan perjanjian pasokan langsung dengan mereka (untuk mengatasi kesenjangan itu). Kedua, Anda akan melihat peningkatan pengaruh komponen di beberapa produk sehingga kami benar-benar dapat mengoptimalkan digitalisasi komponen kami,” sambungnya.

“Ketiga, sistem enterprise resource planning (ERP) (baru kami) memungkinkan kami untuk mengoptimalkan alokasi pesanan, tidak hanya berdasarkan prioritas bisnis, tetapi juga pada ketersediaan komponen. Sampai saat ini, kami harus melakukannya secara manual,” pungkasnya.

Untuk Lenovo yang memiliki pangsa pasar terbesar, yakni sekitar 23,9 persen juga mengalami hal yang sama seperti HP. Mereka dilaporkan mengalami penurunan pengiriman PC di kuartal kedua 2021 dengan penurunan 395 ribu unit, dimana total pengirimannya 20,005 juta perangkat.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia