PS5 baru lebih ringan karena heatsink yang lebih kecil

Ternyata, pembaruan PlayStation 5 yang hadir beberapa waktu lalu memiliki bobot 300 gram lebih ringan, meski harus mengorbankan ukuran heatsink.

Sony baru saja memperkenalkan revisi pertama dari konsol generasi terbaru mereka, yakni PlayStation 5. Varian terbaru dari konsol ini pun akan dijual dalam waktu dekat ini di Jepang, Australia, dan beberapa negara Amerika Serikat.

Pihak Sony pun mengatakan bahwa PS5 revisi pertama ini hadir dengan bobot yang lebih ringan. Mereka mengatakan, perbedaan PS5 edisi pertama dan edisi revisi pertama memiliki selisih bobot hingga 300 gram.

Salah satu YouTuber kenamaan, Austin Evans pun sudah memiliki konsol generasi terbaru tersebut. Dan saat dia bongkar, dia menemukan beberapa perbedaan diantara kedua konsol tersebut.

Hal pertama yang dia sadari adalah kipas yang dimiliki kedua varian tersebut memiliki perbedaan, dimana kipas di PS5 revisi pertama memiliki performa yang lebih baik karena desain bilah kipas yang lebih baik. Tapi, produsen kipas tersebut masih sama.

Perbedaan kedua yang dia temukan adalah di bagian board SSD tambahan. Tak ketinggalan, di bagian WiFi pun terdapat perubahan, yakni memiliki dua antena WiFi dan Bluetooth lebih sedikit dari PS5 original.

Dan yang paling penting adalah perbedaan yang terdapat di pendinginan. Sony memangkas heatsink yang ada di PS5 revisi pertama sehingga mereka dapat menghemat bobot sekitar 300 gram.

Evans mencoba performa pendinginan dari kedua versi PS5 tersebut. Ternyata, ada perbedaan suhu yang cukup terasa. PS5 versi revisi pertama ternyata memiliki suhu sekitar 3 hingga 5 derajat celcius lebih panas.

Perbedaan ini akan mempengaruhi lokasi dimana pengguna dapat menyimpan konsol mereka. Kemungkinan besar, PS5 revisi pertama diwajibkan untuk berada di tempat terbuka untuk dapat digunakan dalam waktu yang lama. Berikut ini video teardown PS5 oleh Austin Evans:

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia