6 Ide Aksesoris Buatan Tangan yang Artsy, Peluang Bisnis

unsplash.com

Belakangan ada niche baru nih di media sosial. Mereka adalah orang-orang kreatif yang berhasil menghidupi diri sendiri dengan menekuni bisnis kerajinan aksesoris.

Kamu juga bisa mengekor kesuksesan mereka atau justru mendukung jiwa kreatif para pengrajin lokal di dekatmu. Berikut beberapa ide yang bisa kamu coba kembangkan kalau tertarik membuka bisnis serupa.

1. Anting-anting clay



www.instagram.com

Kalau perhiasan berbahan logam lebih cocok buat investasi, kamu bisa bergaya dengan perhiasan buatan tangan. Tak kalah awet dengan bahan polymer clay yang handal, anting-anting ini siap mempercantik tampilanmu.

Buat kamu yang tertarik mencoba bisnis ini, pastikan kamu mempersiapkan desain original dan alat-alat pendukungnya, ya. Polymer clay harus melewati proses pemanggangan. Untuk dapat hasil yang tahan lama dari segi warna, kamu juga butuh lapisan pelindung macam varnish atau epoxy resin.

2. Hiasan rambut



www.instagram.com

Selain anting-anting, kamu bisa menyulap clay jadi hiasan rambut. Hair clip atau hair pin yang cantik dan unik ini bakal menyita perhatian siapapun. Bisa juga jadi brooch buat pemakai hijab.

3. Anting-anting dari kayu sisa



www.instagram.com

Selain clay, kamu bisa pula menyulap kayu sisa jadi produk serupa anting sampai pin dan jepit rambut. Lebih ramah lingkungan, tetapi tentu harus siap alat pemotong khusus. Sama seperti clay, ia bisa kamu lukis dengan cat akrilik kemudian diberi lapisan pelindung.

4. Scrunchies



www.instagram.com

Salah satu tren di tahun 2021, nih. Scrunchies atau karet rambut buatan tangan ternyata sangat disukai konsumen. Nilai plusnya ada pada desain atau corak serta bahan kain yang dipakai.

5. Gelang atau cincin resin



www.instagram.com

Ada juga yang menekuni dunia resin. Mulai dibikin coaster sampai perhiasan dan aksesoris. Cincin dan gelang jadi beberapa yang bestseller di pasaran. Untuk dapat hasil yang rapi dan profesional kamu perlu cetakan atau mold, nih.

6. Beads jewelry



www.instagram.com

Selain dari resin, beads atau manik-manik ternyata masih diminati sebagai bahan aksesoris dan perhiasan. Bisa kamu ronce jadi kalung masker, gelang, dan lain sebagainya. Beads yang disukai sekarang yang ukurannya kecil dan desainnya imut minimalis.

Jadi, suka aksesoris buatan tangan yang mana, nih? Atau kamu mulai melirik usaha serupa untuk ditekuni?

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia