7 Ciri Kamu Kekurangan Vitamin A, Hati-Hati!

unsplash.com

Vitamin A selama ini dikenal sebagai penjaga kesehatan mata. Namun, ternyata fungsi dan khasiatnya tak sesempit itu. Ia ternyata berguna pula dalam menjaga fungsi imun, reproduksi, dan metabolisme secara umum.

Sebagai orang dewasa, kamu membutuhkan setidaknya 700-900 mikrogram vitamin A per harinya. Kabar buruknya, kebanyakan kasus kekurangan vitamin A terjadi di negara-negara berkembang. Apa saja sih ciri-cirinya?

1. Mata kering



unsplash.com

Mata kering adalah salah satu tanda paling nyata dari defisiensi vitamin A dalam tubuh. Mata memiliki lapisan luar berupa cairan yang berfungsi untuk membersihkan dan melindungi mata dari benda asing.

Jika terus dibiarkan, ini akan memunculkan kondisi bernama Bitot’s spot yaitu kemunculan bintik seperti busa atau sisik di mata.

2. Rabun malam



unsplash.com

Kondisi lainnya yang menunjukan kekurangan vitamin A adalah rabun malam. Vitamin A adalah bagian penting dalam rhodopsin, yaitu protein yang menyerap cahaya pada retina. Ia sangat penting perannya dalam membantu mata melihat dalam kondisi pencahayaan kurang.

3. Luka yang susah sembuh



unsplash.com

Vitamin A juga berperan aktif dalam proses penyembuhan luka. Ia memiliki fungsi membantu meningkatkan respon tubuh untuk meredakan inflamasi. Tanpa asupan vitamin A, luka akan susah pulih.

4. Infeksi pada saluran pernapasan dan tenggorokan



unsplash.com

Infeksi saluran pernapasan juga bisa disebabkan oleh kurangnya vitamin A dalam tubuh. Bukan satu-satunya alasan terjadinya infeksi, tetapi kekurangan vitamin A terbukti bisa meningkatkan risiko dan memperparah infeksi yang terjadi.

5. Kulit kering



unsplash.com

Meski bukan satu-satunya penyebab kondisi kulit kering, tetapi vitamin A punya peran krusial dalam melembapkan kulit dan menjaganya dari radikal bebas. Retinol merupakan salah satu bentuk vitamin A yang banyak dipakai dalam produk perawatan kulit.

6. Problem pada organ reproduksi



unsplash.com

Berlaku untuk perempuan dan laki-laki, vitamin A ternyata banyak mempengaruhi kesuburan seseorang dan kondisi janin. Ini berhubungan dengan keberadaan antioksidan pada vitamin A yang sangat berpengaruh pada organ reproduksi.

7. Jerawat dan breakout



unsplash.com

Selain luka, vitamin A juga berpengaruh dalam proses penyembuhan jerawat. Ini berhubungan dengan fungsi anti-inflamasi dalam vitamin A yang sangat krusial bagi kulit. Tetap bukan satu-satunya alasan breakout, ya. Vitamin A hanya salah satu faktor saja.

8. Sumber vitamin A



unsplash.com

Cara instan menambah vitamin A memang dengan mengonsumsi suplemen. Namun, ingat terlalu banyak suplemen juga tidak baik. Selain bisa mengalami keracunan, penyakit batu ginjal dan autoimun bisa mengancam. Untuk itu, coba perbanyak asupan vitamin A dari sumber makanan alami saja seperti berikut.

– Daging merah

– Ikan

– Telur dan susu

– Sayuran hijau, merah, jingga, dan kuning seperti brokoli, wortel, mangga, melon, aprikot dan daun-daunan lainnya

Jika merasakan beberapa ciri di atas, silakan konsultasi pada ahli untuk dapat penanganan yang lebih baik dan tepat.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia