Clubhouse kini dilengkapi fitur audio spasial

Clubhouse menghadirkan fitur audio spasial untuk pendengar maupun kreator dalam aplikasi tersebut, memberikan suara yang lebih nyata.

Clubhouse secara resmi meluncurkan fitur audio spasial yang memberikan pengalaman audio yang lebih imersif kepada pengguna. Clubhouse mengatakan fitur ini dirancang agar pengguna yang berada dalam ruang obrolan dapat terasa lebih hidup dan dekat dengan anggota lain dalam room.

Audio Spasial untuk pendengar dan kreator akan bekerja dengan cara yang berbeda. Bagi pendengar Clubhouse, audio spasial ini akan meniru cara kita menangkap dan memproses suara ketika berada di ruangan yang sama dan mengatur jarak masing-masing speaker, headphone, atau sistem stereo yang mereka pakai.

Sedangkan bagi para kreator, audio spasial membuka lebih banyak peluang untuk dapat berkreasi dan bereksperimen dengan audio. Misal, ketika sedang menceritakan kisah horor, para pendengar dapat dengan jelas mendengar efek suara yang menyeramkan atau bisikan kreator yang dibuat sedemikian rupa sehingga menakutkan.

Clubhouse menjelaskan, fitur audio spasial didukung oleh software yang ada di aplikasi. Software tersebut nantinya akan mengaktifkan HRTF dan beberapa pemroses suara tambahan terdengar seakan-akan datang dari satu posisi spesifik.

“Otak manusia bekerja ibarat instrumen luar biasa yang dapat memproses isyarat seperti jarak, frekuensi, dan getaran untuk lebih memahami dari mana suatu suara berasal. Untuk menciptakan pengalaman audio spasial ini, software yang ada di Clubhouse pertama-tama menetapkan posisi untuk setiap pembicara di sebuah “room“, dan secara merata menetapkan posisi tersebut agar seluruh pengguna dapat merasakan pengalaman mendengarkan suara dengan lebih jelas dan maksimal,” kata Clubhouse dalam rilisnya.

Perusahaan menambahkan, software juga bisa diaplikasikan ke dalam sumber stereo, misalnya musik, untuk kemudian memberikan pengalaman dan efek suara layaknya di suatu lingkungan spasial. Untuk saat ini, fitur itu baru akan hadir untuk pengguna iOS dan akan menyusul untuk Android.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia