Facebook jadikan tanggal ulang tahun syarat pakai Instagram

Untuk dapat terus menggunakan aplikasi Instagram, pengguna wajib membagikan tanggal ulang tahun mereka ke Facebook.

Facebook kembali membuat peraturan yang cukup mengejutkan. Dalam sebuah pernyataan terbaru, para pengguna diwajibkan memberikan informasi ulang tahun mereka jika ingin tetap menggunakan Instagram.

Pihak Facebook mengatakan peraturan ini bukan dibuat semata-mata untuk keuntungan. Namun, untuk memberikan pengalaman terbaik bagi kelompok usia yang tepat.

Dengan memberikan tanggal ulang tahun, para pengguna akan mendapatkan konten yang sesuai dengan kelompok usia pengguna. Hal ini akan menjaga pengguna di bawah umur dari kemungkinan mendapatkan konten dewasa.

Permintaan ini akan hadir setelah pembaruan aplikasi terbaru. Pengguna akan mendapatkan pop-up jika mereka belum memberikan tanggal ulang tahun ke Facebook. Tentu saja, pengguna dapat menutup pop-up ini selama beberapa kali. Namun pada akhirnya, mereka tidak akan dapat menggunakan akun Instagram jika tidak memberikannya, seperti lapor Wccftech (31/8).

“Jika Anda belum memberi kami tanggal lahir Anda pada titik tertentu, Anda harus membagikannya untuk terus menggunakan Instagram. Informasi ini diperlukan untuk fitur baru yang kami kembangkan untuk melindungi generasi muda,” kata perwakilan Facebook.

Jika pengguna belum memberikan tanggal ulang tahunnya, pengguna juga akan mendapatkan layar peringatan yang ditempatkan pada posting-an tertentu. Jadi, mereka tidak dapat melihat posting-an tersebut sebelum memberikan informasi.

“Layar peringatan ini bukanlah hal baru, dan kami telah menampilkannya di posting-an yang mungkin sensitif atau vulgar, namun saat ini kami tidak menanyakan tanggal ulang tahun pengguna saat melihat posting-an ini. Sekarang, kami akan mulai menanyakan ulang tahun Anda di beberapa layar ini jika Anda belum pernah membagikannya dengan kami sebelumnya.”

Dan bagi kalian yang berpikir untuk memberikan informasi tanggal ulang tahun palsu, lebih baik kalian berpikir dua kali. Sebab, Facebook mengatakan sudah memiliki alat untuk memastikan data penggunanya.

“Kami menyadari bahwa beberapa orang mungkin akan memberi kami tanggal lahir yang salah, dan kami sedang mengembangkan sistem baru untuk mengatasi hal ini. Seperti yang kami bagikan baru-baru ini, kami menggunakan kecerdasan buatan untuk memperkirakan berapa usia orang berdasarkan hal-hal seperti postingan ‘Selamat Ulang Tahun’,” kata pihak Facebook.

“Di masa mendatang, jika seseorang memberi tahu kami bahwa mereka di atas usia tertentu, dan teknologi kami memberi tahu kami sebaliknya, kami akan menampilkan menu opsi untuk memverifikasi usia mereka. Pekerjaan ini masih dalam tahap awal, dan kami berharap dapat segera berbagi lebih banyak lagi.”

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia