Tiongkok batasi waktu anak main gim, Tencent jadi target

Anak di bawah 18 tahun hanya diperbolehkan main gim selama tiga jam dalam sepekan, yaitu pada Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Tiongkok mengumumkan seperangkat aturan baru untuk membatasi jumlah waktu yang dihabiskan anak di bawah umur dalam bermain gim video setiap minggu. Dikutip dari Slashgear (31/8), aturan baru membatasi anak-anak di bawah 18 tahun agar tidak bermain gim lebih dari tiga jam.

Diberitakan pertama kali oleh kantor berita asal Tiongkok, Xinhua, pembatasan dibuat oleh National Press and Publication Administration (NPPA) untuk mengurangi kecanduan gim pada anak. Peraturannya pun memberikan waktu yang signifikan di mana mereka hanya dibolehkan bermain gim, yaitu masing-masing satu jam pada hari Jumat, Sabtu, Minggu, dari pukul 20:00 hingga 21:00.

“Remaja adalah masa depan tahan air kita,” kata perwakilan NPPA yang dikutip Xinhua. “Melindungi kesehatan fisik dan mental anak di bawah umur berkaitar dengan kepentingan vital rakyat, dan berkaitan dengan pembinaan generasi muda dalam era peremajaan bangsa.”

Ini bukanlah pembatasan yang pertama kali diinisiasi oleh pemerintah Tiongkok. Reuters melaporkan, pembatasan sebelumnya membatasi waktu bermain hingga 1,5 jam setiap hari dan tiga jam pada hari libur, yang mana lebih longgar dari pembatasan baru saat ini.

Sebagai negara asal bagi perusahaan penerbit video gim terbesar, peraturan secara tidak langsung menargetkan Tencent. Apakah Tencent akan ikut menggalakkan peraturan dengan menerapkan hal-hal seperti batas waktu dan sistem anti-kecanduan, belum diketahui karena perusahaan belum mengonfirmasi apapun.

Namun menurut Reuters, beberapa reaksi didapat dari Weibo, yang mengungkapkan keterkejutan atas betapa ketatnya aturan. Beberapa juga ragu aturan tersebut dapat ditegakkan dalam skala besar.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia