5 judul gim dengan malware terbanyak

Menurut tim Kaspersky, serangan malware berkedok gim populer meningkat di kuartal kedua 2021 ini. Yuk intip gim apa saja yang paling banyak digunakan peretas untuk menipu gamer.

Bagi para pengguna PC atau smartphone, kata malware mungkin bukan kata yang asing lagi. Sebab, aplikasi jahat ini memang seperti tak lagi dapat dipisahkan dari kedua platform tersebut.

Cukup banyak cara bagaimana malware dapat menginfeksi perangkat pengguna. Salah satunya adalah melalui gim bajakan. Para peneliti di Kaspersky pun mencatatkan adanya peningkatan jumlah serangan melalui cara ini.

Hal ini wajar, dikarenakan selama pandemi ini, jumlah gamer di seluruh dunia meningkat. Para peneliti mengatakan bahwa selama kuartal ketiga 2020 hingga kuartal kedua 2021, mereka melihat lonjakan serangan malware yang berasal dari gim bajakan.

Dari puluhan gim yang mereka teliti, ternyata ada lima gim dengan sumbangan terbanyak. Berikut ini daftar gim bajakan populer yang telah memberikan malware kepada para gamer di kuartal kedua 2021 :

5. Grand Theft Auto V

Siapa yang tak kenal dengan Grand Theft Auto? Ya, ini merupakan salah satu gim open world yang telah diluncurkan lebih dari satu dasawarsa lalu, namun masih populer hingga saat ini. Bahkan, gim ini juga akan hadir di konsol generasi berikutnya.

Tim Kaspersky mengatakan, gim GTA V ada di urutan kelima sebagai gim yang menyebar malware. Versi bajakan untuk gim ini disebut menginfeksi sebanyak 14.261 komputer, dengan 187.114 kali pendeteksian serangan. Mereka menemukan setidaknya ada 4.953 file yang terinfeksi malware.

4. Fortnite

Bagi penggemar gim FPS battle royale, pastinya tak asing dengan gim Fortnite. Ya, gim gratis dari Epic Games ini memang telah menggaet banyak pengguna, baik anak-anak, remaja, hingga dewasa untuk memainkannya.

Namun, seperti diketahui, banyak orang yang ingin sekali memenangkan gim tersebut. Tak ayal, mereka pun mencari alat cheat di internet atau mencari installer yang diklaim dapat membantu mereka memenangkan permainan. Tim Kaspersky menemukan 14,702 orang terinfeksi, degnan total 267,598 serangan tercatat, dan setidaknya 6,109 file terinfeksi.

3. PUBG

Satu lagi gim FPS battle royale yang membuat banyak orang terinfeksi malware, yakni PUBG. Sama dengan Fortnite, para gamer mencari sebuah alat cheat untuk membantu mereka memenangkan gim tersebut.

Kaspersky mencatat ada 26,724 komputer yang terinfeksi, menemukan setidaknya 484,528 serangan di internet, serta setidaknya 10,360 file telah terinfeksi oleh malware.

2. The Sims 4

Di urutan kedua dari gim yang digunakan peretas untuk menyerang PC adalah The Sims 4. Sama seperti GTA V, gim ini juga memiliki kelompok modder yang sangat besar. Jadi tak heran jika cukup banyak file MOD yang memiliki malware di dalamnya.

Kaspersky mencatatkan ada setidaknya 43,252 orang yang terkena malware, dimana mereka melihat ada total 1,266,804 serangan di internet, dimana 5,844 di antaranya telah disusupi oleh malware.

1. Minecraft

Siapa yang tak kenal dengan Minecraft? Ya, gim ini merupakan gim dengan komunitas MOD terbesar di dunia. Tercatat sudah ada jutaan MOD untuk gim ini yang dapat diunduh oleh para gamer.

Oleh karena itu, banyak orang yang mencari gim ini untuk dimainkan tanpa harus membayar. Kaspersky mencatatkan adanya 184,887 pengguna yang terimbas dengan total 3,010,891 serangan di internet, dan terdapat setidaknya 36,336 file yang terinfeksi.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia