Apple jadi produsen SoC terbesar ke-3 di dunia

Dalam sebuah laporan terbaru dari Counterpoint Research, Apple ada di posisi ketiga sebagai produsen SoC terbesar di dunia, tinggalkan Samsung cukup jauh.

Apple berhasil menjual iPhone 12 dengan sangat baik di seluruh dunia. Hal ini membuat Apple menjadi salah satu smartphone dengan angka penjualan tertinggi di seluruh dunia selama satu tahun terakhir ini.

Tapi, bukan hanya sampai disitu saja. Dalam laporan terbaru dari Counterpoint Research, tingginya angka penjualan iPhone 12 juga membuat Apple menjadi salah satu vendor dengan penjualan chipset terbesar di dunia.

Memang, MediaTek dan Qualcomm masih menjadi yang teratas dalam hal pengiriman chipset SoC untuk smartphone dengan masing-masing pangsa pasar 38% dan 32%. Namun secara mengejutkan Apple berhasil berada di posisi ketiga, meninggalkan jauh Samsung.

Wccftech (2/9) menyebut Counterpoint Research mengungkapkan pangsa pasar Apple ada di 15% di kuartal ini. Sedangkan Samsung ada di posisi keempat dengan pangsa pasar total 7%.

Namun, baik Apple maupun Samsung mengalami penurunan pangsa pasar di Q2 2021 ini jika dibandingkan dengan Q1 2021. Tapi, jika dibandingkan dengan kuartal yang sama di 2020, Apple berhasil meningkatkan pangsa pasar mereka.

Di sisi lain, Huawei harus puas di posisi terakhir dengan pangsa pasar hanya sebesar 3% saja. Mereka terus mengalami penurunan pangsa pasar semenjak pemerintahan Trump yang melarang produk Huawei dijual di Amerika Serikat.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia