Mobil otonom Apple terlibat dua insiden

Perlu dicatat bahwa dalam kedua insiden tersebut, Apple Car dengan teknologi kemudi otomatis atau orang yang mengoperasikan kendaraan tidak bersalah.

Akhir-akhir ini Apple dikabarkan berfokus pada teknologi mobil otonom. Perusahaan tersebut juga sedang melakukan upaya dalam membentuk kemitraan dengan pabrikan mobil lain demi memproduksi Apple Car.

Sayangnya, terdapat kabar dua insiden di mana Apple Car dengan teknologi otonom terlibat dalam kecelakaan, sebagaimana laporan dari MacRumors berdasarkan data dari California DMV. Kejadian ini dilaporkan terjadi pada bulan Agustus 2021.

Dilansir dari Gizmochina (2/9), insiden pertama terjadi di San Diego di daerah Hillcrest pada 19 Agustus 2021. Lexus RX 450h berhenti di lalu lintas dan ditabrak oleh Hyundai. Kecelakaan ini digambarkan terjadi sangat ringan tanpa cedera.

Kecelakaan kedua terjadi pada 23 Agustus 2021 di Cupertino, California, dekat kampus Apple Park. Kendaraan dengan kemudi otonom Apple berada dalam mode manual dan ditabrak oleh Subaru Outback.

Perlu dicatat bahwa dalam kedua insiden tersebut, Apple Car dengan teknologi kemudi otomatis atau orang yang mengoperasikan kendaraan tidak bersalah. Teknologi ini telah dalam mode pengujian sejak 2017, dan ini pertama kalinya sejak 2019, terjadi insiden yang melibatkan Apple Car dalam kecelakaan.

Menurut laporan dari California DMV, SUV Lexus Apple yang dilengkapi dengan kemudi otonom telah melintasi lebih dari 29.000 km pada tahun 2020. Jarak ini merupakan peningkatan tajam dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Seperti yang disebutkan di atas, Apple telah menguji software kemudi otonomnya sejak tahun 2017, menggunakan kendaraan Lexus RX 450h. Teknologi kemudi otonom adalah salah satu proyek jangka panjang untuk Apple dan berdasarkan rumor, perusahaan tersebut diperkirakan akan meluncurkan kendaraan pertamanya dengan teknologi kemudi otomatis dalam beberapa tahun.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia