Final Fantasy 4 Pixel Remaster rilis 8 September

Model karakter, soundtrack, dan peningkatan quality of life merupakan perkembangan terbesar dari versi yang lama.

Final Fantasy 4 Pixel Remaster kabarnya akan dirlis pada 8 September di PC dan mobile, setelah tiga gim pertama Final Fantasy Pixel Remaster yang dirilis pada bulan Juli. Para peminat Final Fantasy tidak perlu menunggu lama lagi untuk memainkan gim RPG yang sudah membawa beberapa update baru.

Final Fantasy 4 Pixel Remaster masih menghadirkan karakter utama yang sama, Cecil dan teman-temannya yang akan membantu petualangan. Final Fantasy 4 juga merupakan seri Final Fantasy pertama yang menggunakan sistem Active Time Battle (ATB), di mana battle akan dimainkan secara real-time, tidak seperti tiga gim pertama Final Fantasy yang masih turn-based. Tidak hanya itu, Final Fantasy 4 Pixel Remaster juga masih menghadirkan cerita dan gameplay yang sama dengan beberapa pembaruan, antara lain :

  • Memperbarui grafik 2D pixel dengan menggunakan hardware yang modern
  • Rearrange soundtrack dari komposer bernama Nobuo Uematsu
  • Memperbarui kontrol, UI, dan menambahkan opsi auto-battle
  • Tambahan seperti bestiary, illustration gallery, music player, dan dapat save di mana saja

Final Fantasy 4 Pixel Remaster sudah bisa dipre-order melalui Steam di PC dengan diskon 20% dari Rp239.000,00 menjadi Rp191.200,00. Sayangnya, pengguna mobile belum bisa melakukan pre-order seperti pengguna PC.

Bonus yang didapatkan melalui pre-order adalah tiga musik tambahan dan dua wallpaper. Alternatifnya, gamer juga bisa membeli bundle yang isinya terdiri dari seri Final Fantasy 1 hingga 6 yang sudah diperbarui juga, meskipun hingga saat ini belum ada kabar tanggal rilis seri ke-5 dan ke-6 yang akan hadir pada 2021 mendatang. Dengan membeli bundle, gamer bisa menghemat 22% dengan harga yang ditawarkan sebesar Rp993.270,00 serta mendapatkan bonus tiga musik tambahan dan dua wallpaper dari tiap seri Final Fantasy.

Meskipun text quality bukan menjadi hal kurang diminati oleh fans Final Fantasy, setidaknya model karakter, soundtrack yang diperbarui, dan peningkatan quality of life merupakan perkembangan terbesar dari versi yang lama. Gamer juga tidak harus menggunakan PS3 atau Nintendo Wii untuk bisa bermain di layar besar juga merupakan nilai tambahan.

Sayangnya, pengguna konsol merasa kecewa karena Square Enix tidak mengeluarkan seri Final Fantasy Pixel Remastered. Alasannya karena Square Enix masih melihat apakah banyak pengguna konsol seperti Nintendo Switch menginginkan seri Final Fantasy Pixel Remastered bisa dimainkan di konsol tersebut. Jika banyak peminatnya, kemungkinan besar Square Enix akan mengeluarkan seri Final Fantasy Pixel Remastered di konsol lain, tidak hanya PC dan mobile saja.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia