Bisa uji kenyamanan, Galaxy Buds2 dilengkapi fitur Fit Test

Samsung Galaxy Buds2 hadir dengan fitur yang dapat memastikan apakah earbuds sudah pas diletakkan di telinga atau belum.

Samsung Galaxy Buds2 hadir dengan berbagai peningkatan dari segi desain maupun fitur pendukung audio yang memberikan kenyamanan lebih kepada pengguna. Sebagai earbuds terkecil dari Samsung yang belum lama diluncurkan pada Unpacked Agustus 2021, Galaxy Buds2 memiliki bobot 5 gram, dengan casing pengisi daya 41,2 gram.

Dengan ukuran yang lebih kecil dan ringan ini, Galaxy Buds2 akan nyaman digunakan untuk jangka waktu panjang. Kenyamanan ini juga dilengkapi dengan fitur terbaru dari Samsung, yakni Fit Test, di mana pengguna dapat memastikan apakah earbuds yang digunakan sudah pas atau belum di telinga.

Beberapa orang mungkin tidak terlalu mementingkan apakah earbuds yang dipakai sudah benar-benar pas dengan telinga, selama suara masih terdengar. Namun, earbuds yang tidak pas dapat memengaruhi kualitas audio, apalagi jika sedang mengaktifkan fitur Active Noise Cancellation (ANC), yang kini juga dimiliki Galaxy Buds2.

“Fitur ini membantu kita untuk menentukan atau untuk mendapatkan suara yang paling optimal dari Galaxy Buds2,” kata Taufiq Furqon, Product Marketing Manager Samsung Mobile, SEIN. “Galaxy Buds2 akan mendeteksi apakah eartip yang kita gunakan sudah sesuai dengan ukuran yang cocok dengan telinga kita. Dan caranya gampang banget, tinggal masuk ke Galaxy Wearable.”

Seperti yang disampaikan Taufiq, kenyamanan earbuds di telinga dipengaruhi oleh eartip yang dipakai. Untungnya, Samsung menyediakan 3 ukuran eartip dalam satu paket Galaxy Buds2. Terdapat tiga ukuran, yaitu kecil, sedang, dan besar. Bagi pengguna yang memiliki lubang telinga cenderung kecil, bisa memilih eartip yang kecil, begitu juga sebaliknya.

Jika sudah menentukan eartip yang tepat, pengujian melalui fitur Fit Test bisa lebih optimal dilakukan. Fitur ini dapat ditemukan di aplikasi Galaxy Wearable setelah pembaruan Galaxy Buds2 versi 3.0.21083151. Lebih lanjut, berikut cara menguji Fit Test pada Galaxy Buds2.

  1. Pasang Galaxy Buds2 di kedua telinga
  2. Pastikan earbuds dengan smartphone sudah terhubung
  3. Buka aplikasi Galaxy Wearable milik Samsung
  4. Pilih perangkat Galaxy Buds2 lewat menu di pojok kiri atas
  5. Klik Earbuds settings, lalu pilih Earbud Fit Test
  6. Klik tombol Start dan earbuds akan mengeluarkan suara untuk mendeteksi posisi di telinga

Jika posisi sudah pas, maka layar akan menunjukkan keterangan Good fit, namun jika sebaliknya, maka akan menunjukkan keterangan Poor fit seperti tangkapan layar di bawah ini.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia