Komunikasi satelit iPhone 13 hanya ada di negara tertentu

Sesuai laporan, fitur satelit darurat hanya akan berfungsi di area yang tidak ada jaringan seluler dan selanjutnya dipersempit ke hanya beberapa negara.

Belum lama ini muncul sebuah laporan bahwa iPhone 13 kemungkinan mendukung komunikasi satelit rendah bumi. Ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi melalui pesan dan panggilan telepon bahkan ketika jaringan seluler tidak tersedia.

Ini memang menjadi tambahan yang unik, tetapi dukungan satelit itu hadir dengan batasannya sendiri. Dilansir dari Gizmochina (6/9), telah dilaporkan bahwa iPhone 13 yang dijual di pasar tertentu mungkin tidak dilengkapi dengan fitur tersebut.

Sesuai laporan, fitur satelit darurat hanya akan berfungsi di area yang tidak ada jaringan seluler dan selanjutnya dipersempit ke hanya beberapa negara. Meskipun Apple ingin menyebarkan lebih banyak satelitnya untuk mendemokratisasikan komunikasi satelit, hal ini masih memerlukan waktu bertahun-tahun.

Telah diklarifikasi lebih lanjut bahwa mungkin fitur itu tidak dapat digunakan sebagai telepon satelit untuk melakukan panggilan di mana saja di dunia tanpa jangkauan seluler. Kemampuan ini hanya untuk terjadi di masa depan.

Menghadirkan fitur itu secara terintegrasi adalah tugas yang tidak mudah dan membutuhkan hardware yang belum cukup siap dan oleh sebab itu, akan memiliki biaya yang tinggi. Rupanya, Apple sedang mengerjakan dua cara di mana fitur ini dapat diintegrasikan.

Cara pertama adalah mengirim teks darurat dan cara yang lainnya adalah mengirim sinyal SOS, awalnya melalui iMessage untuk menghubungi layanan darurat atau teman dekat tanpa sinyal seluler saat keadaan darurat.

Ini akan menjadi sedikit lambat dan mungkin memerlukan satu atau dua menit untuk mendapatkan sinyal, dan akan mengharuskan pengguna iPhone 13 di luar ruangan untuk memanfaatkan fitur komunikasi satelit. Seri iPhone 13 diperkirakan akan meluncur secara resmi pada bulan September.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia