Western Digital perkenalkan teknologi OptiNAND

Menggunakan teknologi ini, para pengguna di industri akan mendapatkan sebuah HDD yang lebih kencang dan andal.

Western Digital baru saja mengumumkan arsitektur flash-enhanced drive terbaru untuk jajaran HDD dan flash mereka. Mereka menyebut arsitektur baru ini sebagai OptiNAND, di mana dapat mengoptimalkan dan mengintegrasikan HDD dengan iNAND dalam flash drive.

Teknologi baru ini dikembangkan oleh WD untuk pengguna advance, mulai dari cloud hyperscale, CSP, perusahaan, surveillance video pintar, pemasok NAS, dan sebagainya. WDC menawarkan kapasitas tinggi, performa, dan kehandalan yang terpercaya untuk menyimpan data dalam jumlah besar, bahkan hingga ke masa depan.

Mereka menggunakan teknologi seperti triple-stage actuator (TSA) dan teknologi HelioSeal, di mana mampu memberikan ruang sebesar 2,2TB per platter, memperluas peningkatan kapasitas pada teknologi ePMR.

“Arsitektur baru ini merupakan ekspansi dari kekuatan dan kapabilitas Western Digital, dalam menghadirkan evolusi penyimpanan baru ke pasar. Sebagai pelanggan awal, teknologi OptiNAND sangat menarik dan akan membantu kami memenuhi kebutuhan penyimpanan kami hingga bertahun-tahun yang akan datang,” kata Vice President New H3C Group, President of Compute and Storage Product Line, Billy Chen, dalam siaran pers yang diterima redaksi Tek.id (6/9).

“Western Digital memaksimalkan kemampuan internal mereka untuk memperluas kurva densitas area drive ePMR untuk generasi mendatang, sehingga dapat membantu pelanggan memenuhi tuntutan ekonomi digital yang terus meningkat,” kata Research Director for Hard Disk Drive at IDC, Ed Burns.

Dengan menggunakan teknologi ini, pengguna akan mendapatkan kapasitas yang lebih besar karena iNAND memungkinkan lebih banyak track per inci (TPI) di sebuah disk. Selain itu, mereka juga menggunakan software khusus untuk meningkatkan kinerja dengan memberikan latensi drive yang lebih rendah.

Tak ketinggalan, pengguna akan mendapatkan hampir 50x keamanan data saat mereka mengalami skenario yang kurang bersahabat, seperti pemadaman listrik darurat. Selain itu, mereka berharap akan dapat membuat HDD berkapasitas 50TB dalam waktu dekat ini.

Sayang, untuk saat ini WD masih belum memberikan informasi terkait kehadiran HDD ini. Mereka baru akan memberikan informasi lebih lanjut pada akhir 2021 ini.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia