Alasan mengapa gim konsol dibanderol cukup mahal

Mantan petinggi Sony ungkapkan biaya pengembangan gim AAA untuk konsol generasi terbaru menyentuh angka Rp2 triliun.

Para gamer saat ini mengeluhkan harga gim di konsol generasi terbaru yang terlalu mahal. Mereka harus membayar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk membeli sebuah gim untuk konsol terbaru baik dari Microsoft maupun dari Sony.

Namun ternyata, hal ini seharusnya dapat dimaklumi oleh para gamer. Hal ini dikarenakan bahwa biaya pembuatan gim konsol tak murah, ungkap mantan wakil presiden Sony Computer Entertainment Europe, Shawn Layden. mengatakan

Pria yang bekerja di Sony selama 32 tahun ini menyatakan bahwa biaya pembuatan gim AAA untuk PlayStation 4 saja mencapai USD100 juta atau sekitar Rp1,47 triliun, dimana angka itu bukanlah angka yang kecil.

Sedangkan untuk PlayStation 5, para pengembang harus merogoh kocek yang lebih dalam lagi. “Mereka membutuhkan dana hingga USD200 juta atau sekitar Rp2,85 triliun untuk sebuah gim AAA,” kata Layden, seperti dikutip dari laman Wccftech (7/9).

Dengan lonjakan biaya produksi gim tersebut, Layden mengatakan bahwa pengembang gim memilih untuk menaikkan harga hingga USD10 atau Rp147 ribu per gim PS5 dibandingkan dengan PS4.

Sayangnya, dia tidak membandingkan biaya pembuatan gim di konsol lain, seperti di Xbox atau Nintendo Switch. Begitu juga dengan pengembangan gim di PC, di mana memiliki teknologi yang lebih kompleks lagi.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia