Apple tertarik kembangkan produk berbasis RISC-V

Dalam sebuah postingan terbaru, Apple ingin membuat tim yang berisikan orang-orang yang berpengalaman di platform RISC-V.

Apple saat ini sedang fokus dalam peralihan penggunaan prosesor perangkat laptop mereka dari Intel ke Apple Silicon. Hal ini ditunjukkan dengan semakin banyaknya perangkat Macintosh yang menggunakan prosesor berbasis ARM tersebut.

Tapi tampaknya, Apple tak hanya mengeksplorasi penggunaan prosesor Arm untuk perangkat mereka. Kabarnya, mereka juga sedang mengeksplorasi penggunaan prosesor berbasis RISC-V untuk perangkat mereka.

Hal ini ditunjukkan dengan sebuah lowongan pekerjaan baru yang diposting perusahaan. Saat ini, mereka sedang mencari seorang programer senior yang sudah akrab bekerja dengan ekosistem RISC-V.

Tom’s Hardware (7/9) mengungkapkan bahwa perusahaan asal Cupertino tersebut sedang mengumpulkan tim yang ahli dalam Instruction Set Architecture (ISA) dan Arm’s Neon vector ISA untuk Vector and Numerics Group (VaNG).

Seperti diketahui, tim VaNG Apple bertanggung jawab untuk mengembangkan dan meningkatkan berbagai subsistem tertanam yang berjalan baik di iOS, macOS, watchOS, dan tvOS.

Hal ini cukup wajar, mengingat ada beberapa keterbatasan yang dimiliki prosesor berbasis Arm. Di sisi lain, RISC-V memiliki dukungan yang lebih luas serta merupakan platform open source di mana berbagai macam orang dapat mengembangkan platform tersebut.

Ketertarikan penggunaan platform berbasis RISC-V juga sudah ditunjukkan oleh berbagai perusahaan lain. Jadi, kemungkinan platform ini bisa menjadi salah satu alternatif sebuah perangkat di masa depan.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia