AWS optimalkan manfaat cloud untuk startup dan UMKM

Kebutuhan cloud disebut akan semakin meningkat seiring dengan peningkatan kebutuhan akan data ataupun layanan web.

Kontribusi UMKM terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) kerap digaungkan oleh pemerintah. Namun peran startup dalam mengakselerasi UMKM juga patut mendapat perhatian mengingat banyak UMKM yang menjalankan praktik bisnis tradisional.

Sementara itu ekonomi digital saat ini adalah home of the creative economy, dimana terdapat 20 juta masyarakat Indonesia yang menggantungkan hidupnya di ekonomi kreatif. Untuk itu, Menteri Sandiaga mengatakan bahwa pemerintah, khususnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, berkomitmen untuk turut andil meningkatkan ekosistem startup Indonesia.

“Indonesia mencapai peringkat kedua di kategori Top 100 Emerging Ecosystems menurut laporan Global Startup Ecosystem Report tahun 2020. Capaian ini merupakan indikator bahwa ekosistem startup Indonesia memiliki potensi yang luar biasa. Kemenparekraf sendiri mendukung ekosistem startup Indonesia lewat berbagai program tepat manfaat seperti Baparekraf for Startup (BEKUP), mempertemukan komunitas penggiat teknologi di Baparekraf Developers’ Day, menyediakan wadah untuk pelatihan talenta digital, inkubasi, serta onboarding, menyelenggarakan Baparekraf Game Prime 2021 bertepatan dengan Hari Game Indonesia, dan pada tahun ini juga mendukung startup anak bangsa untuk berpartisipasi di festival internasional ternama yakni South by South West (SXSW),” kata Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kini, peran strategis yang dimainkan oleh pemerintah, pelaku usaha, serta pemangku kepentingan lainnya seperti komunitas, media, dan lembaga pendidikan adalah merumuskan bagaimana menangkap peluang yang amat besar tersebut dengan bantuan digitalisasi. Komputasi awan atau cloud computing disebut sebagai salah satu penggeraknya.

“Pemanfaatan teknologi cloud adalah sebuah tren yang akan terus berlangsung, dan saya percaya bahwa di masa depan, setiap data, operasional, dan beban kerja akan dikelola di cloud. AWS memainkan peran penting sebagai penyedia infrastruktur dan juga layanan berbasis cloud,” ujarnya.

Kebutuhan cloud disebut akan semakin meningkat seiring dengan peningkatan kebutuhan akan data ataupun layanan web. Di sinilah peran dari ekonomi digital sebagai enabler kemajuan negeri, terbukanya peluang usaha dan peluang kerja.

Untuk itu, AWS terus mendukung startup lintas industri untuk memecahkan berbagai permasalahan. Gunawan Susanto, Country Leader Indonesia AWS mengatakan perusahaannya menyediakan berbagai solusi berbasis teknologi bagi pelaku UMKM. Di antara solusi tersebut yaitu AWS Activate Console yang menyediakan rekomendasi pelatihan teknis, pertumbuhan bisnis hingga bagaimana penggunaan layanan AWS yang tepat. Layanan ini juga akan membantu startup atau klien untuk mengoptimalisasikan biaya perusahaan.

Tak hanya itu, AWS juga menerapkan keamanan yang mumpuni untuk berbagai layanannya termasuk cloud yang dibutuhkan oleh UMKM maupun startup. “Dari segi keamanan, kami menawarkan pilihan infrastruktur dan solusi cloud yang aman bagi startup-startup Indonesia karena kami telah mengantongi beberapa sertifikasi kepatuhan seperti ISO27001,” kata Gunawan.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia