Perseverance sukses kumpulkan sampel batuan Mars pertama

Setelah gagal pada percobaan pertama, kini rover Perseverance berhasil mengumpulkan sampel batuan Mars pertama dan menguncinya dengan rapat dalam tabung.

Rover Perseverance akhirnya berhasil mengambil sampel batuan di permukaan Mars. NASA melalui unggahan di Twitter membagikan gambar sampel pertama batuan Mars yang dikumpulkan rover ke dalam sebuah tabung yang dibawa dari Bumi.

Dilansir dari Digital Trends (7/9), kepala NASA Bill Nelson menggambarkan upaya pengumpulan sukses ini sebagai “pencapaian penting.” Sementara Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi NASA untuk Sains mengatakan ini adalah “momen bersejarah.”

“Sama seperti misi bulan Apollo yang menunjukkan nilai ilmiah yang bertahan lama untuk mengembalikan sampel dari dunia lain untuk dianalisis di sini (Bumi), kami akan melakukan hal yang sama dengan sampel yang dikumpulkan Perseverance sebagai bagian dari program Pengembalian Sampel Mars kami. Dengan menggunakan instrumen sains tercanggih di Bumi, kami mengharapkan penemuan menakjubkan di berbagai bidang sains, termasuk pertanyaan apakah pernah ada kehidupan di Mars.”

Untuk diketahui, Perseverance sebelumnya pernah gagal dalam mengumpulkan sampel batuan pertamanya. Sejak itu, JPL mengirim rover ke struktur yang lebih stabil agar meningkatkan peluang mendapatkan sampel.

Perseverance melakukan proses ekstraksi minggu lalu, tetapi JPL perlu melakukan pemeriksaan tambahan untuk memastikan sampel yang dikumpulkan benar-benar tertutup rapat di dalam tabung. Di samping itu, sampel dikatakan sedikit lebih tebal dari pensil, dan seperti yang tampak pada gambar, tertutup dalam tabung titanium kedap udara. Sampel kemungkinan baru bisa dibawa ke Bumi pada tahun 2030-an, hingga para insinyur menemukan cara yang tepat untuk membawanya dari planet merah.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia