WhatsApp hentikan dukungan untuk iOS 9 & Android 4.0.4

Menurut laman FAQ WhatsApp, mulai 1 November aplikasi hanya akan beroperasi pada perangkat dengan sistem operasi minimal Android 4.1 Jelly Bean, iOS 10, dan KaiOS 2.5.1.

WhatsApp akan menghentikan dukungan pada beberapa smartphone dengan sistem operasi lawas. Perusahaan secara aktif menghentikan dukungannya pada perangkat lawas setiap tahun. Terakhir kali, WhatsApp melakukan hal ini pada desember 2020 dan kini dilaporkan akan mulai menghentikan dukungan pada 1 November 2021.

Menurut halaman FAQ WhatsApp resmi, aplikasi akan berhenti beroperasi pada versi sistem operasi yang sudah ditetapkan, yaitu Android 4.0.4, iOS 9, dan KaiOS 2.5.0. Jika Sahabat Tek menggunakan salah satu sistem di atas, disarankan untuk segera memperbarui versi atau beralih ke smartphone baru jika pembaruan Android sudah tidak didukung lagi.

“Mulai tanggal 1 November 2021, WhatsApp tidak lagi mendukung telepon Android yang menjalankan OS 4.0.4 dan versi yang lebih lama. Silakan berganti ke perangkat yang didukung atau simpan riwayat chat Anda sebelum tanggal tersebut,” tulis WhatsApp.

Perusahaan menyatakan, mulai 1 November 2021, WhatsApp akan membutuhkan minimal Android 4.1 Jelly Bean, iOS 10, dan KaiOS 2.5.1. Selain itu, WhatsApp secara eksplisit menyebutkan walaupun iPhone di-jailbreak, WhatsApp tetap tidak akan berfungsi. Untuk diketahui, jailbreak adalah proses menghilangkan batasan yang diberlakukan Apple pada iPhone.

Di samping itu, penghentian dukungan ini tidak akan memengaruhi banyak pengguna karena versi Android dan iOS yang disebutkan di atas sudah sangat lama. Namun, lain bagi pengguna KaiOS, mereka mungkin tidak bisa memperbarui perangkat karena OEM tidak memberikan firmware baru.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia