Xiaomi susul Apple dalam penjualan smartwatch

Dalam sebuah laporan terbaru Canalys, Xiaomi disebut pimpin penjualan smartwatch keseluruhan di kuartal kedua 2021.

Apple akan mengumumkan perangkat smartwatch terbaru mereka, yakni Watch Series 7 pada akhir September ini. Namun tampaknya, sebelum perangkat tersebut diluncurkan, ada sebuah kabar mengejutkan yang datang dari Xiaomi.

Dalam sebuah laporan terbaru dari Canalys, penjualan smartwatch keseluruhan milik Apple mencapai angka 7,9 juta di kuartal kedua 2021. Namun, Xiaomi berhasil menyalip Apple di detik-detik terakhir dengan penjualan smartwatch keseluruhan yang mencapai 8 juta perangkat.

Sedangkan di posisi ketiga terdapat Huawei dan Fitbit mengikuti di belakang. Sementara Samsung disebut berada di posisi buntut dalam penjualan smartwatch di Q2 2021 ini. Perlu diingat, ini merupakan hasil penjualan gabungan, baik smartwatch, smartband dan lainnya.

Para analis mengatakan bahwa Xiaomi berhasil mengungguli para pesaingnya berkat penjualan Mi Smart Band 6. Perlu diingat, India yang merupakan salah satu basis terkuat dari Xiaomi, tidak termasuk dalam penjualan perdana global.

“Xiaomi membuat langkah bijak untuk mempercepat perilisan Mi Band 6, yang merupakan perangkat yang lebih menarik daripada pendahulunya,” kata Analis Riset Canalys Cynthia Chen, seperti dikutip dari laman Wccftech (5/9).

“Pergeseran cepat Xiaomi ke jam tangan membantu perusahaan meningkatkan pengiriman jam tangan sebesar 1,3 juta unit pada kuartal ini.”

Menariknya, jika kita berbicara mengenai penjualan smartwatch secara spesifik, Apple dengan Watch mereka mencetak pangsa pasar 31,1 persen. Huawei ada di posisi kedua dengan pangsa pasar 9 persen sedangkan Xiaomi di posisi ketiga dengan pangsa pasar 5,7 persen.

Para analis pun memperkirakan dengan kehadiran Apple Watch Series 7 ini, pangsa pasar smartwatch Apple akan kembali meningkat. Tapi dengan catatan mereka dapat memenuhi permintaan pasar di tengah kekurangan chipset seperti saat ini.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia