Hikmah Dari Kesendirian yang Bisa Kamu Petik Sebelum Menikah

pexels.com

Di negara kita, sejatinya hampir setiap orang pasti berpikir untuk menikah. Yup! Menikah sepertinya menjadi sebuah wishlist wajib. Namun, nyatanya, menyematkan centang dalam sebuah wishlist besar dalam hidup pun tak semudah itu. Bagi sebagian orang, konsep pernikahan dinilai cukup rumit, bagi sebagian lainnya menemukan pasangan hidup yang memiliki visi-misi lumayan sulit. Hal ini berimbas pada kegundahan yang hakiki yang pada akhirnya membuat kita sendiri.

Meskipun banyak faktor yang membuat seseorang sendiri, nyatanya tidak semua orang merasa nyaman dan memahami kesendiriannya. Ada yang merasa itu adalah ujian hidup, sampai hal yang memalukan yang harus segera disudahi. Hal ini cukup mengganggu, sebenarnya cukup menggaggu karena jika kamu salah satunya, mungkin kamu termasuk orang yang belum memahami hikmah dari kesendirianmu.

Sebenarnya, kesendirian memandumu pada banyak hal yang belum kamu sadari, seperti beberapa poin berikut ini.

1. Kamu yang bertanggung jawab atas kebahagiaanmu sendiri



pexels.com

Sadar nggak sih bahwa situasimu saat ini sedang mengajarimu bahwa kamulah yang bertanggung jawab atas kebahagiaanmu sendiri, bukan orang lain. Kalau kamu selalu berfikir menikah untuk mendapatkan akhir yang bahagia, berarti kamu belum merasa bahagia dengan dirimu sendiri. Sementara itu, konsep menikah sejatinya bukan hanya untuk membahagiakan diri sendiri. Mungkin, sudah saatnya kamu berfikir untuk put your happiness first before someone else.

2. Kesendirian melatihmu untuk mandiri dan menghargai diri sendiri



pexels.com

Salah satu hikmah yang bisa kamu petik dari kesendirianmu adalah mandiri dan kedewasaan untuk menghargai diri sendiri. Semua serba sendiri, pada akhirnya akan mengajarimu kemandirian untuk melakukan apapun bahkan hingga diluar batas kemampuanmu. Ketika kamu mampu melakukan apapun sendiri, kamu akan belajar untuk mengapresiasi dirimu sendiri dan menghargainya sepenuh hati sebelum nanti kamu menghargai pasanganmu.

3. Tidak perlu lagi merasa malu karena menikah bukan kompetisi



pexels.com

Jealous, mungkin hal itu yang jelas terbersit ketika satu persatu temanmu menikah; belum lagi omongan orang tentang status yang sangat mengganggu. Satu hal yang mungkin harus kamu pahami bahwa menikah bukanlah sebuah kompetisi yang harus kamu menangi. Justru dengan kesendirianmu saat ini kamu bisa belajar banyak tentang pernikahan dari orang-orang di sekitarmu sebelum kamu mantap untuk memulai.

4. Kamu akan jauh lebih mengenal dirimu sendiri dan orang lain di sekitarmu sebelum memutuskan sesuatu yang besar



pexels.com

Jangan kaget, tapi kesendirianmu bisa jadi adalah hal terbaik yang bisa kamu dapatkan saat ini. Dengan kesendirianmu saat ini, kamu mungkin akan jauh lebih mengenal karakter dirimu sendiri dan orang lain tentunya sebelum memutuskan melangkah lebih jauh. Beberapa orang mungkin akan singgah di hidupmu dan itu akan membuatmu jauh lebih mengenal mereka. Hal ini tentu akan membantumu mengenal karakter yang benar-benar kamu butuhkan untuk menjadi sosok pendamping hidup.

5. Kamu adalah orang yang memegang kendali penuh akan pendapatmu



pexels.com

Hikmah lain yang bisa kamu petik dari kesendirianmu adalah kebebasan penuh atas dirimu, kamu adalah orang yang memegang kendali penuh akan pendapatmu. Kamu bebas menentukan arahmu sendiri, kamu adalah kapten di kapalmu. Sebelum kamu berbagi kehidupan dengan pasanganmu kelak, saat-saat seperti ini adalah saat yang bisa menentukan kehidupanmu di masa datang. Jadi, jangan sia-siakan masa-masa sendirimu, ya.

6. Ini hidupmu bukan orang lain



pexels.com

Tentu kamu akan mendapat banyak komentar dan nyinyiran dari orang-orang di sekitarmu tentang statusmu yang masih sendiri. Namun, ada hal yang mungkin tidak mereka sadari bahwa teriakan mereka itu jelas nggak penting buatmu. Ini adalah hidupmu, bukan orang lain. Kamu yang memutuskan untuk bahagia dengan caramu. Mungkin banyak dari kita yang larut dan terbawa perasaan. Tapi, satu hal yang perlu kamu tahu, bahwa takdir akan datang pada waktunya. Sudah semestinya kita fokus pada hidup masing-masing.

Sudah bukan waktunya untuk mengkhawatirkan sesuatu yang mungkin jadi pertanyaan untuk orang lain. Hidup tidak harus selalu tepat pada waktunya dan sesuai rencana. Sedikit meleset itu tidak masalah selama kamu menganggap hidupmu bahagia dan baik-baik saja. Berhenti mencemaskan kesendirianmu dan mulai ambil hikmahnya.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia