Samsung canangkan sensor 576MP di 2025

Eksekutif Samsung membayangkan sensor 576MP untuk smartphone mereka di tahun 2025, memanfaatkan teknkologi pixel binning “ChameloenCell.”

Tidak puas dengan sensor 200MP yang baru-baru ini diumumkan, Samsung dilaporkan akan menghadirkan sensor yang lebih besar pada tahun 2025. Ini berarti semakin banyak piksel akan disematkan ke dalam sensor. Meskipun angka-angka besar tidak selalu berarti baik, namun Samsung akan melakukan hal ekstrem ini dalam beberapa tahun ke depan, seperti dikutip dari Slashgear (8/9).

Piksel yang besar memang terbukti dapat menangkap cahaya lebih banyak, terutama warna. Beberapa orang akan berpikir semakin banyak piksel, maka semakin bagus gambar yang dihasilkan. Sayangnya, ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan dalam menghasilkan gambar digital, yaitu lensa, akurasi warna, eksposur, white balance, dan banyak lagi.

Semakin meningkatkan jumlah piksel di dalam ukuran sensor yang sama, semakin sulit untuk menjaga piksel tersebut tetap terisolasi dengan baik. Selain itu, salah satu kelemahan terbesar menjejalkan begitu banyak piksel ke dalam sensor adalah crosstalk antara piksel yang padat, sesuatu yang Samsung coba lawan lewat teknologi ISOCELL.

Tentu saja, tantangan-tantangan itu tidak menghentikan Samsung untuk terus berinovasi. SVP & Head of Automotive Sensors Samsung Haechang Lee mengatakan, mereka membayangkan sensor gambar 576MP untuk tahun 2025. Ini akan menggunakan teknologi pixel binning “ChameloenCell” yang baru diumumkan, yang dapat diterjemahkan menjadi gambar 36MP dalam kondisi dan pengaturan tertentu.

Masih ada waktu 4 tahun lagi menuju 2025, dan mungkin tren fotografi ponsel akan berubah drastis pada waktu tersebut.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia