TWS jadi kontributor terbesar penjualan AIoT realme 2021

Marketing Director realem Indonesia Palson Yi mengungkapkan perkembangan produk AIoT realme yang signifikan selama periode Januari – Agustus 2021.

Palson Yi, Marketing Director realme Indonesia mengungkapkan perkembangan produk AIoT realme sepanjang Januari – Agustus 2021 meningkat 193%, dibandingkan tahun sebelumnya dalam pada periode yang sama. Ini menunjukkan, pertumbuhan yang signifikan bagi realme, sebagai pemain baru dalam industri AIoT sejak awal 2020.

Adapun kategori TWS merupakan kategori dengan kontribusi terbesar dalam penjualan AIoT realme 2021 (Januari-Agustus). Menurut data yang Palson ungkap, kategori TWS menguasai 62,1% dari total penjualan, dengan mencatat pertumbuhan dari tahun ke tahun (YoY) sebesar 234%.

Pertumbuhan TWS yang paling signifikan terlihat ketika realme pertama kali meluncurkan earbuds-nya yakni Buds Air pada awal 2020. Sejak peluncuran ini, terjadi peningkatan sebesar 220% dari Q1 2020 hingga Q2 2020. Dan terus meningkat ke kuartal selanjutnya, meski tidak sebesar yang pertama.

Meskipun pertumbuhan TWS realme sempat turun dari Q3 2020 ke Q4 2020, perusahaan mampu bangkit ketika memasuki kuartal pertama 2021 hingga kuartal kedua. Grafiknya menunjukkan peningkatan tajam dari Q4 2020 hingga Q2 2021. Peluncuran realme Air 2 Series & BudsQ2 pada kuartal kedua 2021 mungkin menjadi salah satu faktor pertumbuhan pada periode tersebut.

Sejalan dengan pertumbuhan tersebut, realme Buds Q2 menerima berbagai predikat, mulai dari TWS paling banyak dibeli di Shopee saat kampanye 7.7 dan flash sale periode 16 Juni 2021. Selain itu, realme juga menduduki posisi keempat sebagai Brang Terlaris Kategori Audio di Shopee Big Ramadhan Sale, serta No.3 TWS Brand di Indonesia berdasarkan data dari Canalys.

Selain TWS, kategori wearables berada diurutan kedua dengan kontribusi sebesar 20,8% atas penjualan AIoT realme 2021. Produk wearables termasuk smartwatch dan smartband yang diklaim mengalami pertumbuhan YoY sebesar 56%. Palson mengatakan, salah satu faktor pertumbuhan ini karena smartband dan smartwatch realme berfokus pada pelacak kesehatan dan kebugaran, yang menjadi minat masyarakat selama pandemi ini.

Sementara itu, kategori laptop dan lainnya berada di urutan selanjutnya dengan kontribusi 8,7% dan kategori smart TV sebesar 8,4%. Palson memprediksi, pertumbuhan produk AIoT akan terus terjadi di akhir kuartal ketiga tahun ini.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia