Buat kamera rusak, ini akibatnya simpan iPhone di atas motor

Apple menjelaskan sistem kamera beberapa iPhone yang ditaruh di atas motor bisa rusak karena getaran amplitudo tinggi berkepanjangan dari stang dan sasis motor.

Apple baru-baru ini memperingatkan para pengguna iPhone agar tidak meletakkan atau menempelkan smartphone mereka di bagian motor yang dapat menghasilkan getaran amplitudo tinggi. Sebab perusahaan mengatakan, getaran tersebut dapat menurunkan sistem kamera perangkat.

Beberapa orang mungkin menempelkan smartphone di atas stang motor untuk melihat arah di aplikasi Maps atau terburu-buru dan meletakkan smartphone di dashboard kantong motor. Kendati demikian, hal ini tidak dianjurkan oleh Apple karena getaran pada motor dapat ditransmisikan melalui setang dan sasis motor, sehingga dapat merusak sistem kamera.

Apple menjelaskan, beberapa model iPhone memiliki optical image stabilization (OIS) yang berfungsi menstabilkan kamera di tempat bergerak dan autofocus loop tertutup (AF) yang dapat mempertahankan fokus sambil menahan getaran. Namun, kedua sistem tersebut rentan terhadap paparan langsung jangka panjang terhadap getaran amplitudo tinggi dalam rentang frekuensi tertentu.

“Dapat menurunkan kinerja sistem ini (OIS &AF) dan menyebabkan penurunan kualitas gambar untuk foto dan video. Disarankan untuk menghindari iPhone Anda terkena getaran amplitudo tinggi yang diperpanjang,” tulis Apple dalam unggahannya.

Seperti dicatat oleh MacRumors (13/9), iPhone 6s, iPhone 6s Plus, dan semua iPhone setelah iPhone 7 memiliki OIS dan AF. Selain getaran amplitudo tinggi, smartphone tersebut juga rentan terhadap gangguan magnetik dari beberapa aksesori iPhone. Untuk itu, Apple awal tahun ini menyarankan agar pengguna melepas aksesori bermagnet yang tidak terlalu dibutuhkan.

Di samping itu, Apple juga menyarankan agar menggunakan dudukan peredam getaran untuk mengurangi risiko pada ponsel yang ingin dipasang di atas motor atau skuter. Juga, menghindari penggunaan iPhone yang dipasang secara teratur dalam waktu lama pada kendaraan tersebut.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia