Review OPPO Enco Air

OPPO Enco Air hadir dengan kualitas suara, mode gim rendah latensi, serta daya tahan yang cukup menarik di rentang harga Rp900 ribuan.

Sampai saat ini, OPPO sudah meluncurkan beberapa unit TWS sebagai solusi audio dari lini IoT milik perusahaan yang berbasis di Dongguan, Tiongkok itu. Seri terbaru adalah OPPO Enco Air, yang hadir dengan desain menyerupai OPPO Enco Free. Tentunya, produk baru ini membawa beberapa hal baru. Berikut ulasannya.

Desain mungil dan ringan

OPPO Enco Air hadir dengan casing membulat dengan penutup semi transparan. Berbeda dengan beberapa varian TWS sebelumnyanya, Enco Air hadir dengan finishing permukaan matte. Ini membuat casingnya tidak licin saat dipegang dan memberikan tampilan premium.

Ukurannya cukup ringkas, namun lebih pipih jika dibandingkan dengan casing OPPO Enco Buds. Hal ini menawarkan kemudahan untuk dibawa-bawa, dimasukkan ke dalam kantung celana, saku, atau sekadar digenggam saja.

Ada lampu indikator daya di bagian muka casing. Sementara port pengisian daya dengan tipe type-C ada di sisi bawah. Di sisi belakang, ada logo OPPO yang diletakkan pada engsel penutup casing.

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya. OPPO Enco Air memiliki rancang bangun yang mirip dengan OPPO Enco Free atau half in-ear. Untuk mengeluarkan earphone, kalian perlu menariknya keluar dari slot pada casing.

Batang pada earphone Enco Air cukup mungil. Namun, memiliki fungsi yang tak kalah penting dari earbudnya yang menyimpan driver untuk menghasilkan suara. Di sisi bawah, terdapat lubang mikrofon beserta dua penampang berbahan metal yang berfungsi sebagai terminal untuk pengisian daya saat dimasukkan ke dalam casing.

Batang earphone Enco Air dirancang dengan panjang berkisar 3,5 cm. Meski cukup mungil, batang earphone Enco Air ini berisi berbagai komponen dan sudah mendukung kontrol sentuh, untuk memudahkan pengoperasian earphone tanpa harus selalu membuka ponsel.

OPPO Enco Air memiliki berat keseluruhan berkisar 40,4 gram. TWS ini sangat ringan.

Cara pairing dan pengoperasiannya

Salah satu yang saya suka dari fitur TWS saat ini adalah kemudahan saat proses pairing. Terutama jika kalian juga menggunakan smartphone OPPO. Pertama pastikan koneksi bluetooth pada smartphone kalian sudah menyala. Kemudian kalian hanya perlu membuka tutup casing Enco Air, tak lama akan muncul notifikasi bahwa Enco Air siap dihubungkan di layar perangkat. Mudah sekali kan.

Ketuk Connect dan ikuti instruksinya. Tidak perlu waktu lama, proses pairing Enco Air dengan perangkat sudah selesai.

ketika sudah terhubung maka kalian juga akan mendapat tampilan Quick Guide yang berisi informasi bahwa setiap kalian membuka tutup casing Enco Air, maka earphone dan smartphone akan terhubung secara otomatis. Di halaman kedua, kalian akan mendapatkan informasi terkait Game Mode dengan fitur minim latensi untuk mendapatkan pengalaman bermain yang imersif.

Karena mendukung kontrol sentuh pada batangnya, kalian pasti membutuhkan instruksi atau informasi lainnya mengenai bagaimana cara mengoperasikan earphone dengan sentuhan. Kalian bisa menuju pengaturan bluetooth dan melihatnya di sana.

Enco Air mendukung beberapa model sentuhan dengan fungsi yang berbeda. Untuk meningkatkan volume, kalian bisa menyentuh dan tahan beberapa detik pada earphone sebelah kanan. Sementara untuk menurunkan volume, lakukan cara yang sama, namun pada earphone sebelah kiri.

Untuk melompat ke lagu berikutnya, kalian bisa mengetuk earphone sebelah kanan sebanyak dua kali. Jika ingin kembali ke lagu sebelumnya, ketuk earphone kiri dua kali.

Kalian juga bisa mengaktifkan asisten suara melalui kontrol sentuh pada Enco Air. Caranya dengan mengetuk earphone sebelah kiri. Sementara tiga kali ketukan di earphone sebelah kanan akan mengaktifkan Game Mode.

Pemakaian, fitur dan suaranya

Secara desain, OPPO Enco Air dirancang agar mudah dipasang dan nyaman saat dipakai di telinga. Rancang bangun Enco Air adalah semi in-ear. Itu artinya tidak ada silikon tips pada ujungnya. Bagi yang tidak menyukai earphone dengan silikon tips, Enco Free bisa jadi earphone pilihan karena nyaman dikenakan dan ringan.

Hal yang tak kalah penting, meski ringan, Enco Air tidak mudah terjatuh meski kalian memakainya sembari melakukan aktivitas lain, seperti mencuci pakaian, memasak atau olahraga ringan.

Bagaimana kualitas suaranya? Singkatnya enak.

OPPO Enco Air dibekali 12mm Crystal Clear Vocal Driver serta dukungan fitur power bass booster. Ini berarti TWS terbaru milik OPPO ini menawarkan kualitas vokal yang jernih serta karakter bass yang bertenaga.

Dari pengalaman pemakaian selama beberapa minggu terakhir ini, Enco Air memang tidak mengecewakan. Hampir semua genre musik sudah saya coba mainkan menggunakan earphone ini, akustik, rock, LoFi, EDC, dan banyak lagi.

Kualitas vokal mampu ditampilkan dengan baik saat memutar musik-musik akustik yang berpadu dengan dentingan senar gitar.

Begitu juga suara tinggi milik vokalis Maroon 5 yang khas, Adam Levine, pada lagu berjudul Payphone dapat terdengar enak, tidak terendam oleh suara musik. GIliran Wiz Khalifa, suara serak khas rapper ini terdengar cukup detail, ditengah iringan dentuman bass yang terdengar empuk.

Untuk mendengarkan musik rock atau alternative khas Imagine Dragon, OPPO Enco Air juga tak kalah enak. Permainan gitar dan drum yang cukup dominan tidak saling menutupi satu sama lain.

Sebagai alat komunikasi, OPPO Enco Air juga dibekali dengan mikrofon untuk mendukung panggilan suara. Menariknya, OPPO menyematkan fitur DNN untuk mengoptimalkan suara yang jernih saat melakukan panggilan atau berkomunikasi saat bermain gim. Fitur ini disebut DNN.

Pengalaman melalukan panggilan menggunakan Enco Air terasa cukup lancar. Kualitas suara lawan bicara terdengar cukup baik. Begitu juga kualitas suara saya diterima dengan baik oleh lawan bicara.

Padahal beberapa kali saya melakukan panggilan di dalam kafe yang memainkan musik. Ini artinya, fitur DNN bekerja optimal meredam suara-suara yang tidak diperlukan sehingga lawan bicara Anda tidak terganggu oleh suara-saura yang tidak perlu

Buat main gim?

Ini adalah hal yang awalnya tidak saya duga. Sebuah TWS dengan desain seperti ini memiliki fitur yang bisa dipakai untuk bermain gim. Awalnya saya ragu fitur ini akan bekerja cukup baik, karena selama ini untuk menghindari delay, saya selalu memilih earphone dengan kabel. Nyatanya, fitur mini latensi di OPPO Enco Air bukan cuma sekadar gimmick jualan.

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, untuk mengaktifkan fitur ini, kalian hanya perlu mengetuk earphone sebelah kanan 3 kali. Kalian akan mendengar notifikasi suara ketika fitur ini sudah aktif.

Tak hanya enak dipakai memainkan gim bergenre petualangan seperti Genshin Impact, TWS milik OPPO ini juga bisa diandalkan untuk menemani bermain gim yang membutuhkan suara surround seperti Mobile Legend, AOV, CODM, juga PUBG.

Pasalnya, gim-gim yang sudah saya sebutkan sebelumnya membutuhkan virtualisasi suara yang akurat, sehingga dapat memberikan gambaran bagi pengguna dari mana arah datangnya suara. Hal ini tentunya akan membantu gamer untuk mengetahui arah tembakan atau suara musuh yang bersiap menyerang dari belakang.

Selain dapat memberikan efek suara surround, keunggulan dari Game Mode ini adalah rendah latensi. Ini artinya semakin banyak informasi yang kita dapatkan dalam waktu yang cukup singkat. Alhasil, kita dapat mendengarkan suara di dalam gim secara real-time, tidak ada delay. Ketika bermain CODM menggunakan OPPO Enco Air, saya jadi lebih mudah mengetahui arah musuh yang datang, serta mengejutkan mereka.

Tahan lama?

Dari pengalaman pemakaian untuk mendengarkan musik, OPPO Enco Air dapat bertahan selama 5 jam non-stop. Perhitungan ini dimulai sesaat TWS mulai dicabut dari casing. Tingkat volume yang saya gunakan berkisar 60-70.

Sementara untuk bermain gim dengan Game Mode aktif, selama sejam pemakaian OPPO Enco Air, menghabiskan baterai sebesar 20%.

Saat baterai TWS sudah habis, maka untuk mengisi daya menggunakan casingnya membutuhkan waktu berkisar 45-60 menit. Casingnya dapat mengisi daya earphone Enco Air berkisar 4-5 kali.

Kesimpulan

OPPO kembali menawarkan produk dengan kualitas serta fitur yang menarik. Tak hanya hadir dengan kualitas suara yang apik, OPPO Enco Air juga bisa dipakai untuk bermain gim dengan fitur Mode Gim rendah latensi.

Daya tahan baterai yang prima serta pengisian daya yang relatif singkat adalah keunggulan lain yang ditawarkan OPPO. Dijual di kisaran Rp900 ribuan, OPPO Enco Air patut dijadikan pilihan untuk kalian yang ingin TWS dengan suara dan fitur terbaik.

  • Suara
  • Mode rendah latensi (Game Mode)
  • Daya tahan baterai

  • Agak susah mengeluarkan earphone dari casing

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia