Kemenkominfo gandeng Gojek percepat transformasi digital

Kemenkominfo berkolaborasi dengan Gojek untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia berdasarkan roadmap transformasi digital 2021/2024.

Sejak pandemi Covid-19, pemerintah dan berbagai perusahaan di lintas sektor semakin gencar mendorong percepatan transformasi digital di Indonesia. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI bahkan telah menyiapkan peta jalan transformasi digital Indonesia 2021/2024, sebagai panduan pelaksanaan transformasi digital di 4 pilar, yaitu infrastruktur digital, pemerintahan digital, masyarakat digital, dan ekonomi digital.

Kini Kemenkominfo berkolaborasi dengan Gojek untuk mewujudkan visi yang tertuang dalam peta jalan tersebut. Komitmen ini telah dikukuhkan melalui penandatanganan nota kesepahaman antara Gojek dan Kemenkominfo hari ini.

“Teknologi memiliki peranan yang sangat penting untuk mendukung perekonomian di Indonesia termasuk akselerasi kompetensi literasi digital masyarakat dan mempercepat transformasi digital pada sektor ekonomi dan bisnis. Ini merupakan solusi menjaga laju pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata Kevin Aluwi, CEO & CO Founder Gojek.

Kolaborasi strategis ini akan berfokus pada sejumlah area utama yang menjadi elemen vital percepatan transformasi digital, mulai dari peningkatan literasi keamanan digital, dan percepatan transformasi digital pada sektor ekonomi dan bisnis khususnya pada sektor UMKM.

Ketiga pilar ini akan diimplementasikan dalam berbagai program antara Gojek dengan berbagai direktorat, badan dan lembaga di bawah Kemenkominfo, sebagai berikut:

  • Edukasi dan pelatihan intensif dengan Siberkreasi untuk mendukung pelaku UMKM yang cakap digital melalui konten-konten edukasi di berbagai media dengan topik-topik seperti: UMKM Siap Melaju Berbekal Kompetensi Keamanan Digital; Tips Jitu Menarik Pelanggan dan Berkonten Aman di Internet; dan Strategi Inovasi untuk UMKM Kuliner.
  • Digital Talent Scholarship, Kelas GoNusantara dan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang akan memberikan pelatihan digital entrepreneurship berbentuk workshop interaktif kepada ribuan peserta.
  • Kolaborasi dengan BAKTI untuk pelatihan dan onboarding UMKM di daerah luar Jawa, di delapan (8) kota secara luring dan daring.
  • Kolaborasi membina bibit perusahaan startup Indonesia dalam Program 1000 Startup Digital.

“Layanan digital menjadi kunci utama ruang lingkup kerja sama antara Kominfo dengan Gojek untuk mendigitalisasi 60 juta unit UMKM. Sekarang mungkin yang sudah tergabung sekitar 15 juta lebih, di akhir tahun ini kita mengharapkan setengahnya yaitu 30 juta UMKM. Itu kalau dikerjakan sendiri oleh Kominfo atau instansi pemerintah rasanya sangat berat, karena itu kita mengajak semua pihak untuk kolaborasi mewujudkan target tersebut, salah satunya adalah dengan nota kesepahaman ini di mana Gojek sudah tidak diragukan lagi track record-nya menggaet UMKM,” ujar Mira Tayyiba, Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia