Xiaomi resmi kenalkan kacamata pintar mereka

Dinamai Xiaomi Smart Glasses, Xiaomi menawarkan sebuah kacamata pintar yang dapat digunakan secara mandiri.

Tak hanya berfokus pada smartphone, Xiaomi kini sedang getol menghadirkan berbagai perangkat pintar termasuk perangkat Internet of Things (IoT) untuk mendukung gaya hidup. Hari ini mereka memperkenalkan perangkat wearable pintar terbarunya, yakni Xiaomi Smart Glasses. Dengan bobot 51 gram, Xiaomi Smart Glasses mampu menampilkan pesan dan pemberitahuan, membuat panggilan, layanan navigasi, menangkap foto dan menerjemahkan teks tepat di depan mata pengguna. Menariknya, kacamata pintar ini dapat bekerja secara mandiri.

Perangkat ini memiliki bobot hanya 51 gram saja. Meski ringan, Xiaomi membenamkan banyak fitur ke dalam perangkat IoT satu ini.

Layarnya sudah menggunakan teknologi MicroLED. Layaknya OLED, piksel MicroLED menyala secara individual sehingga tampilan bisa lebih terang dengan warna hitam yang lebih pekat. Dengan struktur yang lebih sederhana, MicroLED memiliki kerapatan piksel lebih tinggi serta usia yang lebih panjang. Kelebihan ini membuat Xiaomi Smart Glasses memiliki tampilan yang lebih ringkas, sekaligus integrasi yang lebih mudah dengan lensa kacamata.

Xiaomi Smart Glasses memiliki chip display berukuran 2,4 x 2,02 millimeter, untuk memastikan pengguna mendapatkan tingkat kecerahan maksimal hingga 2 juta nits yang sangat terang, meski dipakai saat siang terik.

Untuk menjalankan kacamata ini, Xiaomi Smart Glasses dibeklai SoC ARM quad-core yang cukup bertenaga. Namun, tidak dijelaskan berapa besaran baterai yang ada di perangkat ini dan berapa lama masa pakainya.

Hadir juga teknologi optical waveguide, di mana secara signifikan berhasil memangkas ukuran dan bobot dari Xiaomi Smart Glasses, sehingga kacamata pintar ini bisa mendekati bentuk kacamata pada umumnya.

Xiaomi mengatakan bahwa Xiaomi Smart Glasses mengintegrasikan sebanyak 497 komponen termasuk sensor dan modul komunikasi dalam ukuran kecil, yang membuat perangkat ini bukan hanya sekadar “layar kedua” dari smartphone pengguna.

Kacamata ini memang dapat menampilkan notifikasi dan panggilan. Tapi, di sisi lain pengguna juga akan mendapatkan dukungan navigasi, mengambil foto, menjadi teleprompter, dan penerjemahan dari teks maupun gambar secara langsung.

Pengguna juga dapat melakukan panggilan secara langsung karena Xiaomi Smart Glasses sudah memiliki mikrofon dan speaker tersendiri. Perangkat ini menggunakan mikrofon dan speaker yang disusun dengan teknologi beamforming untuk memastikan percakapan dapat terdengar jelas.

Tak ketinggalan, hadir juga sebuah kamera 5MP yang berada di depan kacamata. Pengguna bisa menggunakannya untuk mengambil foto serta menerjemahkan teks secara langsung yang sangat berguna saat mereka bepergian ke luar negeri.

Sayang, hingga saat ini belum diketahui kapan mereka akan meluncurkan Xiaomi Smart Glasses. Begitu juga dengan harganya yang hingga saat ini masih belum diketahui.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia