Apple rilis iPad Gen 9 dan iPad Mini baru dengan USB-C

Perubahan besar lainnya ada di sektor kamera. Kamera depan memiliki sensor 12 MP baru dengan Center Stage, fitur yang hadir di iPad Pro.

Bersamaan dengan peluncuran produk lainnya, Apple juga mengenalkan iPad generasi ke-9 dan iPad Mini terbaru. Kedua tablet anyar ini mengemas fitur baru seperti chipset yang lebih cepat, kamera yang lebih baik, dan sistem operasi iPadOS 15 baru.

iPad generasi ke-9 mengusung Retina Display 10,2 inci dengan bezel berukuran sama seperti pendahulunya. Lantaran bezel tersebut belum dirampingkan, maka masih ada fitur Touch ID di bezel bawah. Fitur baru yang ditambahkan adalah True Tone yang secara otomatis menyesuaikan suhu warna berdasarkan cahaya sekitar.

Dilansir dari Gizmochina (15/9), peningkatan besar terjadi pada chipset A13 baru yang menghadirkan performa 20% dalam hal CPU, GPU, dan Neural Engine. Model standar kini memiliki penyimpanan lebih besar 2x lipat, jadi pengguna akan mendapatkan ruang penyimpanan 64 GB ketimbang 32 GB.

Perubahan besar lainnya ada di sektor kamera. Kamera depan memiliki sensor 12 MP baru dengan Center Stage, fitur yang hadir di iPad Pro tahun lalu yang secara digital menggeser kamera saat melakukan panggilan video. Sedangkan kamera belakang memiliki resolusi 8 MP.

iPad generasi ke-9 kompatibel dengan Apple Pencil generasi pertama serta Apple Smart Keyboard. Harga untuk iPad model terbaru ini adalah USD329 atau sekitar Rp4,7 juta.

Di sisi lain, iPad Mini baru dibuat dengan desain yang diperbarui, dengan bezel yang lebih ramping dan layar yang lebih besar, serta fitur-fitur seperti port USB-C, dan dukungan 5G. Tablet ini memiliki layar 8,3 inci, lebih besar dari layar 7,9 inci pada model sebelumya.

Meski layarnya kini lebih besar, iPad Mini versi anyar tetap nyaman dipegang karena bezel yang lebih ramping. Layarnya memiliki Liquid Retina Display, bukan Mini LED seperti yang dirumorkan. Karena bezelnya kini lebih ramping, Touch ID kini terletak di tombol daya.

Apple juga telah meningkatkan kamera iPad Mini. Kamera depan memiliki lensa ultra lebar 12 MP dengan Center Stage. Ada juga sensor 12 MP f/1.8 dengan kemampuan perekaman 4K. Apple tidak mengatakan jenis prosesor yang digunakannya, tetapi tablet ini diklaim memiliki performa CPU hingga 40% lebih tinggi dan performa GPU naik hingga 80%.

iPad Mini memiliki dukungan untuk 5G dan Wi-Fi 6. ini juga memiliki port USB-C di bagian bawah dan dengan demikian dapat dihubungkan ke perangkat yang lebih luas. Apple mengatakan ini mendukung Apple Pencil Generasi kedua. Tidak ketinggalan pula speaker stereo dalam posisi lanskap. Harga untuk iPad Mini terbaru ini adalah USD499 (Rp7 juta).

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia