Kamera POCO X3 GT, andal dalam fotografi dan videografi

Bukan hanya memiliki harga terjangkau, POCO X3 GT juga memiliki kamera yang dapat meningkatkan kreativitas para penggunanya.

Kamera menjadi salah satu hal penentu apakah seseorang akan membeli smartphone incarannya atau tidak. Sebab, kamera seolah menjadi bagian tak terpisahkan dalam mendukung aktivitas sehari-hari.

Salah satu vendor smartphone yang selalu berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman penggunaan kamera terbaik pada perangkat dengan harga terjangkau adalah POCO. Perusahaan ini menanamkan susunan kamera terbaik di perangkat terbarunya, POCO X3 GT.

Memang, salah satu key selling point POCO X3 GT adalah menghadirkan smartphone 5G di harga Rp4 jutaan. Tapi, kamera yang ditawarkan pun tidak main-main. Selain hardware-nya, software yang ditawarkan POCO X3 GT pun tak kalah apik.

Hardware terbaik dikelasnya

Sebelum membahas pengalaman penggunaan kameranya, mari kita simak spesifikasi kamera dari POCO X3 GT ini. Smartphone ini hadir dengan konfigurasi tiga kamera di belakang, yang sudah menjadi standar untuk saat ini.

Kamera utamanya sudah menggunakan resolusi 64 MP dengan aperture f/1.8 yang dapat menghasilkan gambar sangat baik. Bagi kamu yang suka mengambil gambar dengan angle yang lebar, ada kamera ultrawide 8 MP dengan aperture f/2.2.

Untuk mereka yang suka foto close-up, hadir juga kamera macro 2 MP dengan aperture f/2.4. Sedangkan di depan terdapat kamera 16 MP dengan aperture f/2.5 yang dapat menampilkan hasil foto yang baik.

Hasil foto terbaik

Saat pertama kali membuka aplikasi kamera, pengguna akan disambut oleh empat fitur utama, yakni Pro, Video, Photo, serta Portrait. Sedangkan 11 fitur lain bersembunyi di menu More, yang tentunya dapat diatur sesuai keinginan.

Untuk fitur foto kamera belakang, di bagian atas terdapat beberapa menu standar seperti Flash, HDR, AI, Filter, serta akses cepat ke Google Camera. Dan di dalam menu tambahan terdapat aspek rasio foto yang ingin diambil, timer, dan beberapa menu unik seperti Movie Frame, Macro, Tilt Shift, serta Timed Burst.

Sedangkan di bagian bawah terdapat tiga titik, yang berfungsi mengubah kamera dari mode normal (1x), mode sudut lebar (0,6x), serta mode zoom (2x).

Sementara untuk kamera depan, pengguna hanya akan mendapatkan menu flash, HDR, AI saja. Sementara untuk fitur yang ada di dalam menu, hadir pengaturan aspek rasio gambar, timer, macro serta fitur pendeteksi gestur untuk mengambil gambar.

AI yang ada di POCO X3 GT pun termasuk paling responsif di kelasnya. AI-nya dapat dengan cepat mengubah mode pengambilan gambar saat mendeteksi objek yang berbeda. Jadi, pengguna akan mendapatkan hasil foto yang sempurna untuk semua objek yang ingin diabadikan.

Hasil gambar yang diambil oleh kamera belakang dan depan di mode ini pun sangat memuaskan. Pengambilan gambar baik di cahaya terang atau di kondisi kurang cahaya, sangat memuaskan.

Warna yang dihasilkan tampak tajam namun terasa natural. Detail yang dapat diambil oleh kamera belakangnya dalam mode normal pun sangat baik. AI yang ada di smartphone ini juga dapat menghasilkan tone warna yang sesuai dengan objek yang diambil.

Saat mendeteksi makanan, AI-nya menyesuaikan tone warna yang membuat makanan tersebut lebih menggiurkan. Saat mendeteksi hewan, terdapat beberapa enhancement untuk membuat hewan terlihat natural.

Sedangkan untuk perbedaan antara mode kamera normal, wide, dan zoom, ketiganya dapat menghasilkan detail yang sangat baik. Berikut ini hasil perbedaan foto menggunakan ketiga mode tersebut :

Tapi, mode yang menarik perhatian adalah mode macro. Jangan tertipu dengan ukuran megapixel yang kecil di smartphone ini. Sebab, hasil fotonya cukup mengesankan. Detail objek dapat terlihat jelas, dan tone warna yang dihasilkan cukup natural.

Untuk kamera depannya, hasilnya tak kalah memuaskan. Pengguna juga dapat mengatur seberapa tinggi AI untuk dapat membuat wajah menjadi lebih cantik. Jadi, pengguna dapat mengatur secara manual hasil foto seperti apa yang diinginkan.

Masih berbicara mengenai kamera, ada dua fitur lagi yang menjadi favorit…

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia