Makin canggih, ini 6 fitur baru di iPhone 13 dan iPhone 13 Pro

Apple resmi mengumumkan jajaran iPhone 13 dengan peningkatan fitur baik dari sisi tampilan maupun kamera.

Apple resmi mengumumkan jajaran iPhone 13 dalam acara “California Streaming” yang digelar secara virtual, Rabu (15/9/) dini hari. Ada empat perangkat yang diumumkan yakni iPhone 13 Mini, iPhone 13, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.

Seri iPhone 13 didukung A15 Bionic, chip terbaru milik Apple, berbeda dengan iPhone 12 yang menggunakan A14. Chipset baru ini diklaim menjadi CPU tercepat dibanding smartphone apapun dan 50% lebih cepat daripada kompetitor. Tak hanya itu, GPU-nya juga diklaim 30% lebih cepat dibanding yang lain. Neural Engine 16 core-nya juga disebut mampu melakukan 15,8 triliun operasi per detik.

Hal baru yang paling mencolok di iPhone 13 adalah desain kamera belakang yang kini disusun secara diagonal, alih-alih vertikal seperti generasi sebelumnya. iPhone 13 Pro bahkan hadir dengan fitur ProMotion Display yang memungkinkan layar mengatur refresh rate mulai dari 10 Hz hingga 120 Hz secara dinamis, sesuai konten yang ditampilkan di layar.

Baik seri iPhone 13 dan iPhone 13 Pro telah dilengkapi dengan kamera baru, serta menerima sensor terbesar yang terlihat pada semua smartphone Apple hingga saat ini. Bagi Sahabat Tek yang suka memotret, video, atau campuran keduanya, ada beberapa fitur fotografi baru yang menarik di iPhone tahun ini, dan kami telah merangkumnya.

Sebelum kita mulai, catatan bahwa referensi kami ke iPhone 13 di bawah ini mencakup iPhone 13 dan iPhone 13 Mini, sementara penyebutan iPhone 13 Pro mencakup iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max. Kalau sudah jelas, berikut 6 fitur baru di iPhone 13 dan iPhone 13 Pro dilansir dari Tech Radar.

1. Mode Sinematik (iPhone 13 dan iPhone 13 Pro)

Peningkatan kamera terbesar untuk iPhone 13 dan iPhone 13 Pro adalah mode Sinematik yang baru. Mode ini memungkinkan iPhone untuk secara otomatis mengubah fokus dari satu objek ke objek lainnya di tengah bidikan. Kemampuan ini sempat hadir di ponsel lain seperti Sony Xperia 1 II, namun baru pertama kalinya di iPhone.

2. Mode Makro (iPhone 13 Pro)

Apple melakukan perbaikan pada iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max untuk foto makro di kamera ultra wide. Apple mengatakan kamera ultra wide baru, yang memiliki aperture f/1.8 dan bidang pandang 120 derajat. Kamera ini juga memiliki desain lensa baru serta sistem fokus otomatis yang memungkinkannya fokus dan memperbesar subjek dari jarak 2cm.

Menariknya, Apple juga mengatakan bahwa kekuatan makro baru ini diperluas ke video, termasuk mode Slo-mo dan Time-lapse. Sampel awal yang diambil oleh fotografer pro secara alami terlihat mengesankan, namun tentu saja kita perlu melihat bagaimana hasilnya dari pengujian lain.

3. Photographic Styles (iPhone 13 dan iPhone 13 Pro)

Alat lain yang berguna dan akan tersedia di seluruh seri iPhone 13 adalah Photographic Styles. Ini kurang lebih bekerja seperti preset Adobe Lightroom yang memungkinkan pengguna untuk menentukan tampilan tertentu dalam foto. Namun Apple menerapkannya saat pengambilan gambar, alih-alih setelahnya.

4. Dukungan Apple ProRes (iPhone 13 Pro)

Seperti disebutkan dalam beberapa rumor, Apple memperkenalkan format video ProRes ke seri iPhone 13 Pro. Sederhananya, ini adalah format video terkompresi yang memberikan kemudahan edit dalam program seperti Apple Final Cut Pro dan Adobe Premiere Pro, tanpa kehilangan detail.

Apple belum mengungkapkan salah satu dari enam format ProRes yang akan didukung pada model iPhone 13 Pro, namun disebut pengguna dapat merekam file ProRes 4K/30p. Kecuali pengguna memilih model 128GB yang kapasitasnya lebih rendah, karena akan menurunkan kualitas video ke 1080p/30p.

5. Mode Malam di Semua Kamera (iPhone 13 Pro)

Apple mengatakan iPhone 13 dan iPhone 13 Mini akan mendapatkan “mode Malam yang ditingkatkan”, tetapi model ‘Pro’ yang lagi-lagi mendapatkan dukungan tambahan di ketiga kameranya.

Bagi banyak orang, ini sebenarnya adalah peningkatan kamera terbesar di iPhone Pro baru, mengingat serbagunanya mode Malam. Fotografer pro Damien Demolder mengatakan “terkadang mode malam dapat berguna dalam kondisi normal untuk mengurangi kontras dengan rentang dinamis”.

6. Sensor Kamera yang Lebih Besar (iPhone 13 dan iPhone 13 Pro)

Baik iPhone 13 maupun iPhone 13 Pro telah mendapatkan peningkatan pada kamera wide yang mendapatkan sensor lebih besar. iPhone 13 dan iPhone 13 Mini mewarisi kamera utama yang sama dengan iPhone 12 Pro Max tahun lalu, dengan piksel 1,7 mikron, stabilisasi optik Sensor-shift, dan aperture f/1.6.

Sementara itu kamera wide utama dari seri iPhone 13 Pro menampilkan sensor terbesar yang pernah ada di iPhone mana pun, dengan piksel 1,9 mikron yang didukung oleh stabilisasi Sensor-shift yang sama dan lensa f/1.5. Menurut Apple, ini membawa peningkatan 2,2x dalam pemotretan cahaya rendah dibandingkan dengan iPhone 12 Pro Max.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia