Nintendo Switch kini dukung headphone bluetooth

Nintendo meluncurkan pembaruan firmware 13.0.0 yang memungkinkan pengguna menggunakan headphone atau earbuds bluetooth.

Nintendo mengumumkan dukungan audio bluetooth kini hadir di Switch melalui pembaruan firmware versi 13.0.0. Dengan dukungan ini, pengguna akhirnya dapat menggunakan headphone bluetooth atau wireless untuk mendengarkan audio gim, yang sudah dinanti para pemain sejak pertama kali konsol diluncurkan pada 2017.

Headphone, earbuds, speaker dan perangkat audio lainnya yang terhubung dengan bluetooth kini dapat dipasangkan dengan sistem keluarga Nintendo Switch untuk output audio,” tulis Nintendo dalam unggahan blog-nya.

Menurut artikel Nintendo Support yang dikutip dari The Verge (15/9), pengguna akan dibatasi dalam menggunakan dua pengontrol nirkabel jika sedang terhubung dengan headset bluetooth. Sistem ini juga tidak akan mendukung mikrofon bluetooth. Sebab, sistem obrolan suara Nintendo sendiri bergantung pada aplikasi yang berjalan di ponsel.

Meskipun tidak ada masalah selama menyambungkan AirPods Pro ke Switch maupun Switch Lite, namun lain cerita ketika menghubungkannya ke Switch generasi kedua Sean Hollister. Menurut The Verge, terdapat kendala ketika menghubungkan Switch ke perangkat audio bluetooth apapun.

Beberapa permainan menunjukkan pesan, “Tidak dapat menemukan perangkat audio bluetooth,” dan yang lainnya dapat bekerja dengan baik setelah Switch di-reboot tiga kali.

Terlepas dari itu, firmware 13.0.0 juga menyertakan pembaruan dok dengan port LAN (khususnya yang dirilis bersama model OLED baru). Switch akan tetap dapat terhubung ke internet bahkan dalam mode tidur, juga sudah terpasang internet kabel. Kalibrasi kontroler juga kini disesuaikan dan dapat memeriksa apakah koneksi internet menggunakan frekuensi 2,4GHz atau 5GHz.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia