ASUS kenalkan jajaran motherboard khusus DDR5

Dalam menyambut Intel Aler Lake, ASUS mempersiapkan beberapa seri motherboard khusus yang hanya akan dapat menggunakan RAM DDR5.

ASUS dikabarkan akan memperkenalkan jajaran motherboard terbaru mereka untuk mendukung prosesor Intel Alder Lake yang akan diluncurkan dalam waktu dekat ini. Seperti diketahui, jajaran motherboard ini akan mendukung RAM DDR4 dan DDR5.

Dalam sebuah bocoran terbaru, akan ada total 16 model yang hadir untuk mendukung prosesor terbaru milik Intel. Menariknya, ASUS sudah mengklasifikasi model motherboard mereka dengan sangat spesifik.

Dilansir dari Tom’s Hardware (16/9), motherboard Asus yang hanya mengadopsi memori DDR5 hadir pada seri ROG Maximus Z690 dan beberapa model Prime dan ProART tertentu. Sedangkan model lainnya, akan mendapatkan dukungan RAM DDR4 dan DDR5.

Hal ini masuk akal dikarenakan untuk di awal-awal seperti sekarang, harga sebuah teknologi baru akan sangat tinggi. Jadi, banyak orang yang masih berpikir untuk pindah ke platform baru yang meski memiliki performa lebih baik, namun memiliki harga yang lebih mahal.

Namun anehnya, ASUS juga mengubah penamaan motherboard mereka. Hal ini dapat dilihat dari hilang nomor romawi di belakang produk tersebut, yang biasanya berubah sesuai dengan generasi yang mereka suguhkan.

Sementara untuk ProArt Z690, model ini akan menggunakan kode khusus untuk membedakan seri mana yang menggunakan RAM DDR4 dan DDR5. Untuk versi D4 akan memiliki dukungan RAM DDR4.

ROG Strix Z690 hanya akan terbatas pada DDR4 DRAM beserta satu seri TUF Gaming di daftar ini. Sementara untuk Prime, akan ada tiga varian yakni Prime Z690-A, Z690-P dan Z690-V.

Seperti diketahui, prosesor Intel Alder Lake menawarkan dukungan DDR5 dan PCIe 5.0. Namun, untuk sementara ini komponen yang menggunakan kedua teknologi baru tersebut masih sangat terbatas.

Sayangnya, belum ada informasi soal harga dan kapan ASUS akan meluncurkan motherboard baru mereka.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia