Xiaomi dan Forwat, galang kepedulian untuk jurnalis

Ketiganya menggalang dukungan untuk meringankan beban jurnalis yang terdampak Covid-19 di Tanah Air.

Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir 2 tahun di Indonesia belum juga reda dengan jumlah pasien terinfeksi mencapai ratusan ribu, termasuk para jurnalis sebagai salah satu kalangan yang rentan. Mereka membutuhkan dukungan selama memulihkan diri atau bersama keluarga.

Kondisi tersebut menjadi latar belakang kolaborasi yang melibatkan Forum Wartawan Teknologi (Forwat), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), dan Xiaomi Indonesia. Ketiganya menggalang dukungan untuk meringankan beban jurnalis yang terdampak Covid-19 di Indonesia.

Bantuan ini akan diberikan kepada jurnalis, terutama yang meliput di sektor teknologi dan telekomunikasi. Meski demikian, Forwat, AJI, dan Xiaomi Indonesia tetap membuka peluang penyaluran bantuan bagi jurnalis lainnya secara umum.

“Pandemi membuat kita semua harus bergandeng tangan dan saling membantu. Para jurnalis merupakan rekan kami yang penting dalam mewartakan kisah Xiaomi kepada para pembacanya,” kata Head of PR Xiaomi Indonesia, Stephanie Sicilia.

Ketua Umum Forwat, Danang Arradian, mengatakan selama ini Forwat bersama rekan-rekan jurnalis telah beberapa kali melakukan penggalangan dana untuk membantu rekan sesama profesi yang terdampak Covid-19. Kolaborasi antara Forwat, AJI, dan Xiaomi Indonesia dimaksudkan agar bantuan bisa menjangkau lebih banyak jurnalis, terutama di sektor teknologi dan telekomunikasi dan jurnalis umum lainnya.

“Forwat mengucapkan terima kasih kepada Xiaomi yang menjadi vendor yang paling sigap menunjukkan kepedulian dan empati terhadap teman-teman jurnalis yang terdampak Covid-19. Semoga bantuan ini bisa meringankan beban teman-teman yang terdampak Covid-19”, kata Danang.

Sementara itu Sekjen AJI Ika Ningtyas mengatakan bahwa selama ini banyak sekali rekan jurnalis yang terdampak pandemi Covid 19. “Kolaborasi seperti ini memang diperlukan untuk membantu banyak rekan jurnalis yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Baik jurnalis yang berstatus karyawan tetap, kontrak hingga freelance,” ujar Ika.

Program penyaluran donasi tersebut akan dikelola Forwat yang berkolaborasi dengan AJI. Penyaluran ini akan dimulai pada September 2021. Jurnalis yang terdampak Covid-19 dapat mendaftarkan dirinya sendiri dan atau keluarga inti (istri/suami, dan anak) untuk bisa mendapatkan bantuan donasi ini. Untuk info lebih lanjut bisa dilihat di www.forwat.id dan www.aji.or.id.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia