Monitor OLED LG tawarkan akurasi warna tinggi

UltraFine OLED Pro juga memungkinkan pengguna untuk menjadwalkan kalibrasi otomatis yang memungkinkan tampilan warna berkualitas tinggi yang konsisten.

LG telah mengumumkan monitor UltraFine OLED Pro 4K. Ini merupakan monitor OLED pertama mereka yang menjanjikan reproduksi warna akurat pada performa SDR dan HDR. Ukuran perangkat ini adalah 32 inci dengan resolusi 4K (3840 x 2160) piksel, yang menjanjikan color gamut Adobe RGB 99% dan DCI-P3 99%.

Monitor UltraFine OLED Pro memiliki sertifikasi VESA DisplayHDR 400 True Black serta contrast ratio 1.000.000:1. LG mengatakan monitor ini dapat mereplikasi warna sangat nyata tanpa lampu layar dan berkat teknologi OLED-nya, memiliki peredupan individual untuk lebih dari 8 juta pikselnya.

Dilansir dari PetaPixel (18/9), contrast ratio tersebut dapat dicapai karena panel OLED dapat sepenuhnya mematikan masing-masing piksel sehingga warna hitam benar-benar pekat. Jika dikontraskan dengan piksel yang menyala, hasilnya adalah gambar yang jauh lebih menakjubkan.

Satu-satunya masalah dengan OLED adalah panel ini terdapat risiko burn-in, dan piksel yang lebih sering aktif lama akan semakin besar terkena efek burn-in. Akibatnya, panel OLED cenderung kurang terang secara signifikan dibandingkan dengan tipe LCD.

Sertifikasi HDR True Black berarti panel dapat mencapai dan mempertahankan kecerahan puncak 400 nit saat menampilkan konten HDR, yang tidak terlalu cerah, tetapi merupakan persyaratan minimum untuk HDR. Namun, sebagian besar penggemar HDR akan mengatakan bahwa kecerahan puncak 600 nit diperlukan untuk benar-benar menikmati konten HDR.

Layar OLED mampu menghadirkan representasi warna yang sangat akurat, dan ini mungkin sangat penting bagi para fotografer – OLED dipilih bukan karena kecerahannya, tetapi karena rentang dinamis dan akurasinya. LG menyatakan UltraFine OLED Pro cocok dengan tuntutan itu.

Selain menjanjikan akurasi warna, solusi LG Calibration Studio menggunakan sensor kalibrasi mandiri LG untuk secara otomatis mengukur cahaya yang dipancarkan dari layar OLED dan mempertahankan tingkat akurasi warna tertinggi. UltraFine OLED Pro juga memungkinkan pengguna untuk menjadwalkan kalibrasi otomatis yang memunngkinkan tampilan warna berkualitas tinggi yang konsisten. Harga untuk monitor ini adalah USD4.000 (Rp57 juta).

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia