8 Tipe Orang Saat Hadapai Masalah atau Konflik, Mana Kamu?

unsplash.com

Kamu bisa tahu sifat asli seseorang saat mereka dihadapkan pada masalah. Nah, saat itu pula kamu bisa melihat mereka tipe orang seperti apa sih. Suka melarikan diri, menganalisa, pasif atau justru percaya diri.

Berikut beberapa tipe orang saat mereka dihadapkan pada konflik. Yuk cari tahu, kamu sendiri masuk golongan mana, nih.

1. Suka menganalisa



unsplash.com

Seorang tipe penganalisa cenderung menghindari konflik dengan dalih konflik tersebut nggak layak menghabiskan energimu. Biasanya mereka bakal menganalisa seberapa pentingnya konflik ini untuk diperjuangkan, kalau tidak mereka bakal menghindar dengan mengganti topik pembicaraan atau pergi.

2. People pleaser



unsplash.com

People pleaser juga orang yang suka menghindari masalah dengan berusaha semaksimal mungkin mengakomodasi kepentingan orang lain. Daripada bilang kalau kamu nggak suka dengan pendapat atau kelakuan seseorang, kamu justru mencari excuse untuk membenarkan perlakuan mereka.

3. Tipe santai



unsplash.com

Tipe yang satu ini punya kadar toleransi yang sangat tinggi. Kamu merasa kalau ada yang salah dengan pemikiran orang lain, bukan tanggung jawabmu buat membenarkan mereka. Kamu yakin mereka bakal sadar sendiri pada waktunya. Kamu tipe yang fokus pada hal-hal yang bisa kamu kontrol dan tidak sudi menghabiskan waktu dan energi untuk hal di luar kendalimu.

4. Tipe pasif



unsplash.com

Mirip dengan tipe santai, orang dengan tipe pasif saat menghadapi masalah juga cenderung tidak mau ambil risiko dengan memberikan pembelaan pada diri sendiri. Kamu memilih untuk membiarkan apapun yang dikatakan orang tentangmu. Kadang menjadi pasif itu berguna, tapi kadang kamu juga perlu membela dirimu sendiri kalau orang lain sudah keterlaluan.

5. Tipe yang butuh confidence booster



unsplash.com

Kamu butuh confidence booster atau pep talk dari orang lain atau dirimu sendiri sebelum menghadapi masalah. Biasanya kamu butuh orang yang mampu memotivasi kamu untuk melakukan sesuatu yang berisiko menimbulkan konflik.

6. Tipe lama mengambil keputusan



unsplash.com

Kamu orang yang butuh waktu lama untuk mengambil keputusan. Biasanya kamu butuh waktu sendiri untuk merenung, membaca situasi, dan memikirkan masalah yang sedang melanda. Nggak masalah, kok, justru kamu punya potensi mengambil solusi yang bijak.

7. Tipe melarikan diri



unsplash.com

Kamu merasa kalau meluapkan emosi atau pendapat itu berbahaya dan menakutkan. Mungkin karena trauma di masa lalu atau kamu baru saja keluar dari lingkungan yang toksik. Makanya, kamu lebih nyaman melarikan diri dari masalah, pura-pura melupakannya, atau menyimpannya dalam hati.

8. Tipe self-assured



unsplash.com

Kamu adalah orang yang mengenal dirimu sendiri dengan baik. Kamu tahu mana yang kamu inginkan dan tidak. Dengan begitu, kamu tahu kapan harus menghadapi konflik atau menghindarinya sesuai dengan prioritasmu sendiri.

Nah, tipe mana nih yang paling sesuai dengan kepribadianmu?

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia