Cara Atasi Letih di Siang Bolong Saat Workday

unsplash.com

Sering merasakan lelah tak tertahankan di siang hari, padahal ini hari kerja yang padat buatmu. Harus fokus presentasi dan banyak rapat yang harus dihadiri.

Coba cek deh, mungkin berikut adalah alasan kenapa kamu sering lelah di siang hari. Pahami dan lakukan langkah pencegahannya demi masa depan lebih cerah.

1. Dehidrasi



unsplash.com

Penyebab pertama adalah dehidrasi. Meski kamu nggak haus, kamu tetap bisa mengalami dehidrasi. Untuk itu, selalu sediakan botol air putih di meja dan minum sesekali.

2. Kebiasaan makan yang buruk



unsplash.com

Kebiasaan makan yang buruk antara lain makan berlebih, terlalu banyak makan gula dan over-processed food, hingga makan terlalu cepat bisa menyebabkan seseorang mudah lelah. Makanan yang tak sehat atau berlebih bisa mempengaruhi keseimbangan hormon dan membuat kinerja tubuh jadi tak optimal.

3. Kurang olahraga



unsplash.com

Orang yang kurang beraktivitas fisik juga terbukti lebih mudah lelah dan merasakan pegal di bagian tubuh tertentu. Coba luangkan waktu untuk olahraga setidaknya sepuluh menit tiap hari seperti berjalan atau yoga, niscaya rasa lelah di siang hari bakal berkurang drastis.

4. Kurang asupan cahaya alami



unsplash.com

Kurangnya pencahayaan alami di ruang kerja juga berpengaruh pada gejala keletihan di siang hari. Cahaya matahari alami ternyata punya efek psikologis yang sangat besar untuk membuat kita merasa melek dan bersemangat.

Jika bekerja di rumah, carilah ruang yang terang, teras atau rooftop boleh dijadikan markas WFH baru. Namun, jika harus bekerja di kantor manfaatkan waktu istirahat untuk berada di luar ruang barang beberapa menit untuk menikmati cahaya matahari alami.

5. Kelebihan kadar kafein



unsplash.com

Kafein sering dianggap booster untuk mencegah lelah dan kantuk, nyatanya jika berlebih kafein justru menurunkan produktivitas. Solusinya, imbangi kafein dengan asupan air putih.

6. Terdistraksi dengan media sosial



unsplash.com

Media sosial dapat menstimulasi otak untuk terus bekerja dan menyerap informasi. Padahal kadang kontennya hanya berupa hiburan yang seringkali tak berfaedah. Puasa scroll media sosial dulu saat jam kerja agar kamu nggak cepat lelah menjelang siang hari.

Daripada scroll media sosial, kamu bisa lakukan beberapa hal berikut di jam istirahat.

– Baca buku fiksi

Power nap 10-15 menit

– Jalan kaki

– Mendengarkan musik

Siap lebih produktif hari ini dengan tips di atas. Katakan selamat tinggal pada rasa letih di tengah hari.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia